Header Ads

Tutorial Perakitan Komputer (Bagian 3: Proses Pemasangan Hardware)

Tutorial Perakitan Komputer (Bagian 3: Proses Pemasangan Hardware)| Pada posting sebelumnya Tutorial Perakitan Komputer (Bagian 2: Persiapan Komponen dan Perlengkapan) mengidentifikasi komponen dan perangkat yang harus disiapkan sebelum memulai proses perakita. Dan tahap berikutnya setelah komponen (hardware) sudah ada, perangkat lainnya sudah siap, begitupun dengan software yang kita butuhkan sudah lengkap, maka tahap berikutnya adalah memulai pemasangan komponen-komponen perangkat keras tersebut. Bagaimana cara memasang komponen hardware tersebut?

Persiapan
  • Siapkan meja untuk meletakan hardware yang akan kita rakit
  • Siapkan meja untuk tempat kita melakukan pemasangan hardware
  • Siapkan Box tempat meletakan alat (obeng, tang, tester dan lainnya) 
  • Dan kalau melakukan perakitan di tempat yang kurang cahayanya, maka siapkan lampu yang terang
  • Kalau proese perakitan akan dilakukan oleh dua orang, maka bagi tugas, orang pertama yang melakukan pemasangan komponen, dan orang kedua sebagai asisten tugasnya menyiapkan komponen dan membantu proses pemasangan komponen.
Langkah dan cara pemasangan hardware:

Langkah 1: Letakan Motherboard di meja

Yang perlu diketahui, bahwa langkah ini tidak harus sama. Bisa saja anda meletakan motherboad di atas lantai atau tempat lainnya. Ada pula yang mengawali proses pemasangan komponen dengan memasang motherboard dalam cassing terlebih dahulu. Ini faktor kenyamanan saja.

Ada banyak jenis motherboard di pasaran, dan jenis motherboard yang kita pilih akan mempengaruhi jenis processor yang kita gunakan. Untuk pekerjaan ini maka lebih baik kita menentukan terlebih dahulu spesifikasi processor yang akan kita gunakan sebelum memilih jenis motherboard.

Moherboard juga menentukan jenis VGA yang kita gunakan. Juga mempengaruhi port yang dimiliki komputer, apakah serial port atau parallel port dan seterusnya. Pembahasan lebih lengkap mengenai Motherboard bisa dibaca pada posting lebih khusus mengenai Motherboard.

Lanjutkan ke tutorial: Langkah 2 Memasang CPU/ Processor >>
Lanjutkan ke tutorial: Langkah 3 Memasang Heatsink >>

No comments

Powered by Blogger.