Header Ads

Penyebab insomnia dan cara mengatasi insomnia

Pengertian Insomnia 

Insomnia adalah gangguan susah tidur, kali ini saya akan menulis tentang artikel tentang gangguan tidur yaitu insomnia. .mengenai insomnia sendiri sebenarnya baru gejala,keluhan bukannya penyakit. untuk penyakit dari gejala insomnia misalnya insomnia akut, psikofisologi insomnia, karena obat-obatan dan lainnya.

jadi di sini bisa di simpulkan insomnia adalah gejala dari suatu penyakit, bisa karena gangguan irama biologis dan juga pengaruh obat-obatan.

apa itu irama biologis? irama biologis biasa juga di katakan jam biologis. jam biologi adalah jam atau waktu pada diri kita yang menentukan kapan kita lapar, buang air, mengantuk, dan kapan kita bugar.

Penyebap Insomnia 

Insomnia adalah gangguan susah tidur yang banyak terjadi terutama di usia muda,pada ibu hamil dan lansia, keluhan yang dirasakan insomnia tapi diagonosa penyakitnya biasanya Delay Sleep Phase  (DSP) yaitu perubahan jadwal tidur/pergeseran jam tidur.
Insomnia adalah gangguan susah tidur
misalnya seperti ini kebiasaan tidur kita jam 10 malam, mungkin karena jadwal tidur di rumah jam 10 malam. kemudian kebiasaan tidur itu tiba-tiba berubah menjadi jam 12 malam - jam 1 pagi.
seandainya itu terjadi maka hal itu masih normal.

karena pada usia muda jam biologis (waktu tidur) mereka biasanya baru di mulai jam 11 malam. jadi jika sobat muda semua yang mempunyai jadwal tidur seperti di atas bukan karena adanya gangguan insomnia..karena insomnia adalah gangguan susah tidur.

Cara mengatasi gangguan insomnia dan mitos insomnia

Jika insomnia sudah akut / kronis maka lebih baik tidak mengkonsumsi obat-obatan. insomnia adalah gangguan susah tidur yang harus kita lakukan dengan perawatan modifikasi perilaku tidur (Sleep Restriction Therapy). misalnya dengan membatasi jam naik tempat tidur, mebatasi jam berada di tempat tidur, mengatur aktifitas sebelum tidur.

mitos tentang insomnia salah satunya seperti kalau capek tidur lebih mudah, tetapi yang harus di ingat kalau kita berolah raga adrenaline tubuh kita naik.  badan capek tapi karena naiknya adrenaline tubuh tadi menyebapkan otak menjadi lebih segar.

jadi di sarankan untuk melakukan aktifitas olah raga 2-3 jam sebelum jadwal tidur dan jangan melakukan aktifitas olah raga dekat dengan jam tidur terutama di malam hari.

Olah raga yang cocok untuk penderita gangguan insomnia sebaiknya yang ringan-ringan saja. seperti misalnya melakukan olah raga yang sifatnya rekreasi. seperti joging di pagi hari atau sore hari.

bukannya melakukan olah raga berat. dengan olah raga rekreasi/santai dapat membantu tidur dengan baik di malam hari. tapi harus di ingat olah raga itu di lakukan di pagi hari atau sore hari bukan di malam hari.jadi apa itu insomnia adalah gangguan susah tidur

kesalahan yang sering di lakukan oleh penderita gangguan insomnia adalah berusaha untuk tidur, memaksakan diri untuk tidur di tempat tidur. sehingga semakin frustasi karea terlalu memaksakan tubuh untuk tidur sehingga menjadi gelisah. perasaan gelisah itu akan membuat  sulit tidur
.
 Tips untuk penderita gangguan insomnia

1. Menciptakan lingkungan tidur yang nyaman
misalnya dengan merapikan tempat tidur, di buat sejuk dan nyaman, lampu di buat redup
 
2. Pisahkan lingkungan aktifitas dengan lingkungan tidur
misalnya pekerjaan/kegiatan anda banyak berhubungan dengan laptop/komputer, sebaiknya aktifitas tidak di lakukan di atas tempat tidur. pisahkan barang-barang pekerjaan jauh dari tempat tidur.

kalau tidak punya ruangan tersendiri/ruangan terbatas misalnya kost. letakkan barang pekerjaan di tempat tersendiri,di meja belajar misalnya.
Mencegah dan memelihara kesehatan lebih baik dari pada mengobati penyakit

No comments

Powered by Blogger.