Header Ads

Cara Membuat Template Blog Sendiri Untuk Pemula

Cara Membuat Template Blog Sendiri Untuk Pemula
Ketika kita membuat blog kadang di rumitkan sendiri dengan yang namanya template, inginnya begini, inginnya begitu. Intinya ingin bagus, beda dari yang lain, dan kalau bisa responsive. Bagi yang bisa membuat template sendiri, hal tersebut tidak masalah, tinggal merancang dan mendisainnya sendiri. Tapi bagi yang tidak bisa membuat template sendiri hal ini tentu masalah, solusinya dengan cara membeli atau mencari template gratisan. Untuk mencari template gratis ini kadang kita membuang banyak waktu, berlama-lama membandingkan template yang satu dengan yang lainnya, belum lagi ketika sudah diinstal ke blog kita ternyata kita juga harus memodifikasinya lagi.

Soalusi membuat template sendiri
Ada beberapa alternatif solusi yang bisa kita coba untuk membuat sebuah template, yaitu:
  • Merancang dan mendisain sendiri
  • Menggunakan software pembuat template
  • Menggunakan situs template generator
Nah, bagi bapak/ibu guru yang mau mencoba membuat template blognya sendiri, bisa mencoba satu diantara ketiga alternatif diatas.
 
Merancang dan mendisain sendiri
Untuk merancang dan mendisain template sendiri, setidaknya kita harus memiliki beberapa hal ini:
  • Mempunyai selera yang bagus terhadap disain
  • Menguasai pembuatan sketsa gambar
  • Menguasai software pengolah gambar, photosop salah satunya.
  • Menguasai koding (HTML, CSS, Javascript, Ajax, dan PHP), untuk template blog cukup dengan HTML, CSS dan Javascript.
  • Memahami responsivbilitas tampilan, maksudnya ketika tampilan sudah jadi maka kita harus melakukan tester seberapa cepat loadnya, atau di browser mana saja template bisa tampil, termasuk kemungkinan tampil dalam aplikasi mobile dan seterusnya.
Tahapan merancang dan mendisain template sendiri:
  1. Amati beberapa template blog orang lain yang menurut anda menarik, lalu dapatkan satu model template yang bagus. Langkah ini bukan untuk menjiplak, tapi lebih kepada membangkitkan mood dan referensi sebuah tampilan blog.
  2. Buatlah sketsa atau gambar rancangan blog, untuk membuatnya cukup menggunakan pensil dan kertas saja. Atau kalau mau menggunakan aplikasi untuk membuat sketsa, kita bisa menggunakan software ini : sketchpad, pencil app, xnsketch, dan lainnya.
  3. Setelah membuat sketsa tampilan, berikutnya kita tuangkan kedalam bentuk gambar. Untuk yang ini kita bisa menggunakan software pengolah gambar Photoshop.
  4. Setelah rancangan sudah menjadi bentuk gambar, tahap berikutnya adalah proses koding. Ini agar tampilan blog bisa berinteraksi dengan pengunjung, misalnya tab menu bisa diklik dan beralih ke halaman yang dituju, kotak pencarian bisa berfungsi, dan lain sebagainya.
  5. Proses visualisasi rancangan sudah, kodingnya juga sudah, berarti template sudah bisa digunakan. Tapi jangan lewatkan tahap ini, yaitu proses pengujan di berbagai browser. Karena template yang kita buat belum tentu tampil optimal disemua browser. Dan masih banyak pekerjaan lainnya seputar responsivbilitas tampilan, search saja di internet.
Menggunakan software pembuat template
Saat ini banyak sekali software yang bisa kita gunakan untuka membuat template secara instant. Tidak instan banget sih, sebab kita juga perlu waktu untuk belajar tool, cuma kelebihannya kita tidak perlu diribetkan dengan urusan koding. 

Yang pavorit adalah Artisteer. Software ini menyediakan berbagai jenis model template yang mendukug banyak platform, seperti untuk blogger, wordpress, joomla, dan platform lainnya. Langkah mudahnya kita cuma mangutak-atik tool yang sudah disediakan untuk merancang sebuah tampilan. Software ini memang tidak gratis, tapi kita bisa mendapatkan crackannya dengan mudah di internet.

Selain Artisteer masih adalagi software untuk membuat template dengan mudah, salah satunya WYSIWYG Web Builder. Silahkan cari info lengkapnya!

Menggunakan situs template generator
Menggunakan situs template generator, artinya kita menggunakan situs yang menyediakan tool untuk merancang disain template sendiri, tentu semuanya dilakukan secara online. Beberapa situs template generator diantaranya:
Nah, demikian sedikit pengetahuan tentang Cara Membuat Template Blog Sendiri Untuk Pemula, mudah-mudahan bisa memberi manfaat. Khususnya bagi rekan guru yang ingin membuat template blog sendiri.

Baca artikle lainnya untuk melengkapi pengetahuan seputar template:

No comments

Powered by Blogger.