Header Ads

Bahaya menstruasi tidak teratur tidak lancar pada wanita

Menstruasi tidak teratur tidak lancar dan suka terlambat pada wanita

Pengertian siklus menstruasi
Menstruasi normal pasti di dambakan oleh tiap wanita, tapi bagaimana jika siklus menstruasi pada wanita jadi tidak normal?atau gangguan siklus menstruasi terjadi pada kita. tenang saja, kali ini saya akan menulis artikel dan bahan untuk makalah siklus menstruasi.

Menstruasi tidak teratur bisa dialami siapa saja. pada umumnya wanita atau remaja putri mendapatkan menstruasi pertama kalinya di usia rata-rata 9-14 tahun. proses menstruasi ini dimana proses siklus biologis seorang wanita bisa terjadi lebih kurang dari 30-50 tahun lamanya. sampai mereka masuk masa menopause.terkadang banyak wanita yang kurang mengerti mengapa menstruasi tidak teratur.

mengenai menstruasi ini terkadang masih banyak wanita bingung mengenai siklus menstruasi yang di alami apakah haid atau menstruasi tidak teratur merupakan hal yang biasa?  Secara normal menstruasi yang terjadi pada wanita mengalami menstruasi yang lancar. namun banyak wanita  yang belum mengerti cara menghitung pola dari siklus tersebut. sehingga banyak pertanyaan muncul saat haid/menstruasi di rasa datang tidak pada waktunya
.
Proses terjadinya menstruasi


rahim organ reproduksi wanita ketahui menstruasi tidak teratur

Biasanya pada saat mau menjelang menstruasi karena kerja hormon estrogen dan progesteron, lapisan dinding rahim (lapisan endometrium) akan menebal. penebalan ini karena tidak adanya proses pembuahan sel telur oleh sel sperma maka terjadilah menstruasi yaitu luruh atau pecahnya.
dinding rahim (endometrium). pecahnya bersamaan dengan pecahnya pembuluh darah yang ada di rahim itu yang di sebut dengan darah menstruasi. tapi jika ada pembuahan sel telur dinding rahim tadi tidak pecah/ tidak terjadi menstruasi tapi yang terjadi adalah hamil.

penebalan dinding rahim pada saat menstruasi

Siklus menstruasi dan haid tidak teratur 
Untuk menghitung siklus menstruasi yang anda alami, anda harus mengetahui terlebih dahulu tanggal tiap bulan. anda juga harus tahu kapan pertama kali mendapatkan menstruasi untuk mengetahui perkiraan masa menopause.

yang harus di persiapkan untuk menghitung siklus menstruasi/haid adalah kalender.  karena siklus menstruasi juga berfungsi untuk menghitung masa subur. perhitungan masa subur sangat penting bagi yang sudah menikah,misalnya jika ingin punya anak.

biasanya untuk siklus menstruasi tidak lancar, siklus haid teratur atau siklus haid tidak teratur pedoman kita minimal 3 periode (3 bulan). rentang waktu siklus menstruasi/haid yang normal adalah 21 - 35 hari untuk terjadi menstruasi berikutnya. pada lanjutan dibawah ini anda akan mengetahui apakah anda mengalami haid atau menstruasi tidak teratur.

Cara menghitung siklus menstruasi/haid .

contoh :
tanggal 1 Juli hari pertama menstruasi, kemudian terjadi menstruasi lagi tanggal 25 juli. tanggal 12 Agustus berikutnya terjadi menstruasi yang ke tiga. menstruasi yang ke empat terjadi pada tanggal 31 Agustus. menstruasi yang ke lima terjadi pada tanggal 14 September.
jika melihat contoh siklus menstruasi yang terjadi adalah normal. yang harus di ingat adalah rentang waktu siklus menstruasi/haid yang normal adalah 21 - 35 hari!!!
coba anda hitung di mulai pertama kali mengalami menstruasi. yaitu tanggal 1 juli, menstruasi yang ke 2 adalah tanggal 25 juli.

masih dalam rentang 25 hari. jadi selama masih di rentang 21-35 hari adalah siklus haid yang normal.
siklus berikutnya dari tanggal 25 juli sampai dengan tanggal 12 agustus berada di rentang 19 hari.
apakah rentang 19 hari termasuk siklus/haid yang normal( 21-35 hari). jawabannya tidak.
periode selanjutnya adalah 12 agustus sampai dengan 31 agustus( rentang 20 hari) jawabannya tidak normal. dan selanjutnya 14 hari

Mens 1 = rentang 25 hari = normal
Mens 2 = rentang 19 hari = tidak normal
Mens 3 = rentang 20 hari = tidak normal
Mens 4 = rentang 14 hari = tidak normal

dari paparan siklus menstruasi di atas terjadi 3 kali siklus menstruasi yang terjadi tidak di rentang 21-35 hari.  jika siklus menstruasi 3 kali berturut turut terjadi di luar dari hitungan rentang waktu seharusnya. maka perlu di konsultasikan ke dokter karena sudah termasuk di dalam kategori siklus menstruasi tidak lancar.
Mencegah dan memelihara kesehatan lebih baik dari pada mengobati penyakit

No comments

Powered by Blogger.