Header Ads

Mencegah penuaan dini


Tanda tanda penuaan dini
Tanda tanda penuaan dini

1. Pernahkah ketika anda bercermin dan mengamati wajah anda. tentunya sering. coba anda perhatikan pada bagian mata anda dan tapi ekspresi  wajah ketika bercermin tidak di kerutkan, tidak mengerdipkan mata atau di mainkan.

Apakah pada bagian pinggir atau sudut mata anda apakah ada kerutan atau garisan? jika terdapat kerutan atau garisan pada bagian pinggir mata anda itu adalah tanda tanda penuaan dini. itu jika anda di bawah usia 30 tahun.

2. Apa tanda-tanda lain dari penuaan dini yaitu lingkaran hitam pada bagian bawah mata.

3. Kulit kering pada wajah.

Cara untuk mengetahui kulit kering pada wajah yaitu dengan cara menarik jari dari atas ke bawah pada kulit wajah, apabila di temukan garis putih itu menandakan kulit anda kering.
kulit kering lebih cepat mengalami proses penuaan dari pada kulit berminyak walaupun kulit berminyak bisa menyebapkan masalah jerawat.

4. Elastisitas kulit.
Cara mengetahui elastisitas kulit yaitu dengan menarik pipi kemudian lihat berapa lama kulit anda kembali ke bentuk semula.

Penyebap penuaan dini
Masalah yang menyebapkan penuaan dini adalah yang sering kita konsumsi sehari-hari dan terkadang sulit dihindari yaitu gula.

pengaruh gula pada proses penuaan pada daerah kulit jika di konsumsi secara terus menerus akan menurunkan fungsi dari serat kolagen pada kulit wajah. semakin banyak anda mengkonsumsi gula, efeknya menyebapkan kerutan pada wajah.

Cara mencegah dan memperlambat penuaan dini
Proses penuaan dini sebenarnya dapat di perlambat, kalau untuk mencegah tidak bisa. karena proses penuaan adalah kodrat pada manusia yang pasti terjadi.
dari salah satu sebap yang mempercepat proses penuaan dini adalah karena mengkonsumsi gula. tapi hal itu dapat kita atas dengan mengkonsumsi jenis gula yang sehat dan tips lainya yaitu :

1. Gula alami
Gula alami yang paling baik adalah gula tebu murni karena hanya mengandung kadar gula 55%

2. Gula buatan.
Gula buatan memberikan rasa manis tetapi tidak di proses di dalam tubuh, bukan hanya cocok untuk memperlambat penuaan dini tetapi juga cocok untuk penderita diabetes. gula buatan ini akan di rubah menjadi kalori tetapi kalorinya sedikit.

3.  Mengurangi takaran gula yang di konsumsi sehari-hari
Asosiasi Jantung Amerika (American Heart Association) menetapkan batas untuk perempuan mengkonsumsi gula sebanyak 26 gram sehari (sekitar 2-3 sendok makan).
untuk indonesia mentri kesehatan pada tahun 2013 merilis konsumsi sehat orang indonesia di sarankan sekitar 50 gram/hari atau 4 sendok makan.

4. Mengganti menu beras putih dengan beras merah
Pada umumnya kita mengkonsumsi nasi dengan beras putih. sangat di sarankan untuk kesehatan wajah kita mengkonsumsi beras merah.

perbedaan pada karbohidrat beras putih dengan beras merah yaitu beras putih mengandung karbohidrat simple dan beras merah karbohidrat kompleks dan memiliki serat yang lebih banyak.

karbohidrat kompleks pelepasannya perlahan-lahan. dengan mengkonsumsi beras merah kadar gula kita lebih terkontrol dan efeknya rasa kenyang kita akan lebih lama. apalagi di saat puasa mengkonsumsi beras merah pada saat sahur akan lebih baik.

5. Roti gandum
Roti gandum juga baik sebagai pengganti nasi putih karena memiliki serat yang tinggi

6. mengkonsumsi Susu low fat

7. Mengkonsumsi Yogurt

8. Mengkonsumsi buah blueberry dan stroberry.
dalam 100 gram buah blueberry dan stroberry hanya mengandung kadar gula sekitar 4 - 4,6 gram.

Hal-hal yang harus dihindari untuk mencegah penuaan dini yaitu menghindari makanan yang mengandung gula tinggi diantaranya :

1. Hindari konsumsi keju yang berlebihan karena mengandung lemak

2. Hindari mengkonsumsi buah anggur
Buah anggur memiliki kadar gula yang lebih tinggi di antara buah lainnya. dalam 100 gram buah anggur mengandung kadar gula sekitar 16 gram. jumlahnya 4x dari stroberry.


Kadar gula buah per 100 gram

1. Anggur memiliki kadar gula 16 gram per 100 gram

2. Pisang memiliki kadar gula 14 gram per 100 gram

3. Apel memiliki kadar gula 10 gram per 100 gram

4. Stroberry memiliki kadar gula 4,6 gram per 100 gram

Tips Konsumsi sehari hari untuk mencegah pemakaian gula berlebih :
1. Maksimal buah yang kita konsumsi maksimal sekitar 2 cangkir buah dalam sehari. misalkan pisang setalah kita potong-potong

2. Mengkonsumsi gula 50 gram per hari / 4 sendok makan

No comments

Powered by Blogger.