Header Ads

makanan untuk penderita asam lambung tinggi


Gangguan lambung penyebab maag
Apakah anda pernah merasakan perut anda terasa penuh?dalam istilah keseharian kita kembung karena masuk angin. kita merasakan perlahan memaksa apa yang ada dalam perut kita keluar melalui kerongkongan. kalau gejala seperti itu yang anda rasakan mungkin anda mengalami gangguan asam lambung.

asam lambung merupakan cairan asam alami yang di produksi untuk mengaktifkan enzim yang berguna untuk pencernaan namun pola makan dan gaya hidup tidak sehat dapat meningkatkan produksi asam lambung yang berlebihan.

Cara mencegah gangguan asam lambung
Gejala orang yang mengalami sakit maag dan gangguan asam lambung biasanya dirasakan setelah makan dan akan terasa seperti gas yang naik hingga ke tenggorokan.

asam lambung sebenarnya tetap dibutuhkan dalam kadar yang seimbang untuk membantu proses pencernaan. kondisi asam lambung berlebihan disebut GERD (Gastro Eshopagel Reflux Disease).

gejala lain yang dirasakan oleh penderita sakit maag dan asam lambung berlebihan ini diantaranya dada panas, mulut pahit. asam lambung yang berlebihan bisa juga disebabkan karena lambung lama kosongnya. hal ini terjadi karena kita sering menunda makan ketika lambung dalam keadaan kosong (lapar).


Gejala dan keluhan penderita maag dan asam lambung
<!– adsense –>
>
tidak semua gejala dada panas, nyeri di bagian perut adalah gejala asam lambung. belum tentu rasa nyeri di hulu hati adalah penyakit maag dan asam lambung. karena di daerah hulu hati kita terdapat juga organ - organ yang lain, misalnya kandung empedu, liver  atau bahkan ada dibagian bawah jantung jika ada penyempitan di daerah itu bisa menyebapkan nyeri yang luar biasa.


Makanan sehat untuk penderita maag dan asam lambung
makanan yang dapat memicu asam lambung adalah makanan yang mengandung kafein dan alkohol. dan ada juga makanan-makanan yang membuat pengosongan dalam lambung kita menjadi terlambat misalnya coklat,keju dan juga asam pedas.

asam pedas ini jika lambung kita sudah ada luka, akan memperberat kondisi lambung yang sudah luka.jika sudah nyeri di daerah perut mungkin saja itu adalah gejala dari asam lambung
secara lengkapnya ini adalah makanan yang dianjurkan dan di hindari oleh penderita sakit maag dan asam lambung termasuk diantaranya kebiasaan yang tidak sehat.

makanan yang dianjurkan untuk penderita sakit maag dan menurunkan asam lambung :
- Susu low fat (rendah lemak)
susu sebaiknya yang low fat(rendah lemak) jangan yang full cream. karena susu yang full cream lemaknya tinggi yang akan membuat rasa tidak nyaman sehingga kembungnya berkelanjutan terus.

- Air putih hangat

yang harus di hindari pantangan penderita sakit maag dan asam lambung :
- Keripik.
asinnya dapat memproduksi asam lambung menjadi berlebihan

-  Kebiasaan makan yang terburu-buru

-  Penyedap rasa (MSG)

-  Buah yang terasa asam
misalnya lemon, jeruk,strobery

-  Makanan yang terasa pedas

No comments

Powered by Blogger.