Header Ads

Hp Kena Air? Lakukan Langkah ini!

Hp Kena Air? Lakukan Langkah ini!



Musim hujan sangat tidak ramah terhadap benda-benda elektronik. Keciprat air hujan sedikit, apabila tepat mengenai logam yang teraliri listrik, bisa menyebabkan korsleting dan benda elektronik pun 'wassalam' alias mati total.
Tak terkecuali handphone (HP). Bahkan, HP sangat rawan jadi korban ‘serangan air’ karena sifatnya yang bisa dibawa kemana-mana. Jika tidak berhati-hati, HP bisa terjatuh ke air, seperti kubangan air usai hujan deras, terjatuh dari saku kemeja lalu nyemplung ke bak air saat berada di toilet, HP basah kuyup karena kehujanan karena disimpan di saku baju yang tidak kedap air.
Saat musim hujan seperti sekarang ini ada baiknya melakukan langkah-langkah antisipatif. Jangan sampai HP kita jadi korban banjir. Misalkan saja, jika droiders nekad menembus hujan, karena tuntutan pekerjaan di suatu tempat (ke kantor misalnya), sebaiknya HP disimpan di tempat yang aman. Jika ditaruh di tas, sebaiknya di tempat khusus yang kedap air.
Jika diletakkan di tas yang tembus air, sebaiknya HP dimasukkan dulu ke dalam plastik, ditutup rapat, baru diletakkan di tas. Begitu juga jika disimpan di saku pakaian, apakah celana atau kemeja, masukkan dulu HP di plastik atau wadah berbahan plastik yang kedap air.
Tetapi jika persoalannya adalah HP droiders terlanjut kuyup oleh air, apakah karena kecemplung atau sekadar terciprat air, yang patut diduga bisa tembus ke jaringan listrik HP, sebaiknya segera lakukan langkah-langkah antisipatif untuk mencegah kerusakan total.
Berikut langkah-langkah antisipasinya:
  1. Segera lepas/cabut batrei hp
  2. Lepas juga aksesoris yang lain seperti kartu sim dan kartu memori
  3. Bongkar / lepas casing hp
  4. Bonkar / lepas juga baut dan pcb handphone
  5. Tiup dengan sekencang-kencangnya pada bagian pcb terutama bagian IC,ini bertujuan agar air yang masih menempel pada kaki-kaki IC bisa segera keluar dan tidak mengendap
  6. Keringkan pcb/hp dengan hair dryer, disarankan jarak hair dryer dengan hp jangan sampai terlalu dekat agar tidak merusak komponen yang ada pada pcb handphone
  7. Jangan ambil tindakan pintas dengan menjemur hp karena dari panas sinar matahari bisa merusak             komponen-komponen handphone
  8. Cas batrei hp dengan cas desktop sampai penuh. Meski anda meyakini ponsel sudah dalam keadaan kering, biarkan dulu dan jangan keburu memasangkan batrei dan menghidupkan ponsel.
  9. Jika semua langkah telah dilakukan dan batrei sudah terisi penuh pasang kembali pasang kembali pcb handphone,casing,dan juga batrei lalu coba nyalakan handphone
Dalam hal tidak tersedianya hair dryer, untuk pengeringan tuntas, droiders bisa menggunakan beras kering untuk mengeringkan HP yang terkena air. Kita tahu, beras mempunyai sifat menyerap air.
Sifatnya ini bisa digunakan untuk mengeringkan HP yang permukaannya terkena air. Caranya taruh beras secukupnya, yang kira-kira bisa untuk membenamkan HP droiders, di atas wadah. Tunggu sekitar satu atau dua jam, hingga droiders yakin HP telah kering.
Droiders sebaiknya bersabar sampai benar-benar yakin, bahwa HP droiders benar-benar sudah kering baik bagian luar atau dalam yang penuh dengan komponen-komponen elektronik yang sudah pasti rentan rusak jika terkena air yang mengakibatkan korsleting.

No comments

Powered by Blogger.