Header Ads

Android Tak Bisa di Charger? Ini Solusinya

Android Tak Bisa di Charger? Ini Solusinya

Akhir-akhir ini Ai mengalami sedkit masalah disaat melakukan charging pada gadget Android yang Ai gunakan, namun kali ini Ai menggunakan charger yang nonOri, ketika sedang dicharge dan menunggu lama namun batrey tak kunjung penuh, layarpun bergerak sendiri tanpa menyentuh layar. Ini membuat Ai penasaran, apakah batrey si smartphone sudah usang, atau ada kesalahan dari sistem pada Android tersebut.
Setelah Ai melakukan charging dengan charger ori dan menunggu lama, namun batreypun tak kunjung terisi penuh namun disini akar masalahpun ditemukan. Yakni Adanya sedikit gangguan pada system pada smarthpone Android yang Ai gunakan, mungkin karena adanya crash system karena Ai melakukan Charging menggunakan charger non ori.
Untuk itu Ai melakukan sedikit Eksperimen melalui recovery mode, kemudian melakukan wipe data n wipe cache. Kemudian Ai lakukan Charging lagi dan batreypun sudah bisa terisi penuh.
Kesimpulan dari masalah diatas :
  1. Sebaikinya lakukan charging menggunakan charger Ori karena bedanya arus yang dihasilkan dari berbagai charger berbeda
  2. Jangan melakukan charger sambil melakukan aktifitas Game, Internet dll karena akan memperpendek umur batrey
  3. Bersihkan cache secara melalui atau aplikasi pembersih cache yang banyak tersedia di playstore recovery
  4. Jika batrey tak terisi penuh dan sudah melakukan cara diatas namun tak berhasil, lakukan kalibrasi dengan aplikasi batrey calibration.
  5. Jika point 4 sudah dilakukan namun batrey tak mau terisi penuh, mungkin sudah saatnya Droiders memikirikan mengganti batrey baru.

No comments

Powered by Blogger.