Header Ads

Bisnis Sampingan Untuk Guru: Membuat Kelas Online

Bisnis Sampingan Untuk Guru: Membuat Kelas Online| Internet saat ini sudah mudah diakses, dan perangkat untuk mengaksesnya pun tidak lagi mesti menggunakan personal komputer tetapi sudah lebih fleksibel, bisa menggunakan laptop, ipad, samrtphone, TV, bahkan dalam bentuk kacamata. Begitupun dengan provider yang menyediakan jasa layanan internet, sudah semakin mudah dan murah. Hal inilah yang membuat banyak orang mulai melirik internet sebagai ranah baru untuk menciptakan peluang bisnis. Ada banyak orang yang sukses membangun start up, jadi pebisnis online, blogger, freelance writter, penerjemah, dan lainnya. Asal kreatif, punya konsep serta pengetahuan IT maka peluang mendapatkan penghasilan melalui internet bukan hal yang mustahil. Siapapun, termasuk Guru. Tulisan ini akan mengupas sedikit mengenai bisnis kelas online, sebuah bisnis kreatif yang bisa dilakukan oleh seorang Guru. Mau coba?

Kelas online merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara online, instruktur dan peserta belajar melakukan proses KBM dalam satu ruang kelas di internet atau yang lebih kita kenal dengan e-learning.

Dalam tulisan ini kita tidak akan membicarakan e-leraning secara spesifik, sebab yang sedang kita bicarakan adalah topik bisnis sampingan untuk guru dengan kelas online sebagai produknya. Saat ini ada banyak guru yang membuat kelas di internet, tujuannya ada yang "pure" untuk pembelajaran online siswanya, dan yang lainnya untuk tujuan bisnis.

Dengan kelas online, guru bisa mengajar siswa onlinenya dari berbagai wilayah. Tentu siswa-siswa tersebut harus melakukan registrasi dan pembayaran terlebih dahulu. Saya pernah melihat seorang Guru dengan blog sederhananya menawarkan paket-paket belajar secara online, dimana satu paket dengan durasi 12 pertemuan di banderol seharga 300 ribu. Coba kalau dalam satu paket tersebut ada 10 orang siswa saja sudah berapa nominalnya? Lumayan besar kan?

Bagaimana cara membuat kelas online?
Untuk membuat kelas online diperlukan pengetahuan tentang konsep e-learning, menguasi platform web untuk e-learning seperti moodle, camelo, atau lainnya bisa baca di tulisan saya tentang platform e-learning. Selain itu, tentu harus menguasai materi, serta manguasai pembuatan media yang bisa digunakan untuk pembelajaran online. Baca tulisan tentang platform e-leraning: Ada banyak platform e-learning, pilih yang mana?

Susah juga ya?
Jangan khawatir, untuk mebuat kelas online yang kita buat untuk level privat tidak harus menguasai hal-hal diatas. Ada banyak solusi untuk membuat kelas online. Misalnya untuk urusan platform kita bisa menggunakan platform kelas online yang sudah jadi dan mudah semacam Edmodo, Edu20, Edublogs, dan lainnya. Baca artikel ini: Panduan membuat kelas virtual dengan Edmodo

Sedangkan untuk pembuatan media belajarnya, kita juga bisa memanfaatkan situs seperti youtube untuk untuk mengambil embed video tutorial yang kita buat, atau untuk kebutuhan modul digital kita bisa memanfaatkan calibre. Dan masih banyak lagi solusi yang bisa kita temukan dengan mudah di internet.

Bagaimana cara mendapatkan siswa kelas online?
Ketika kelas online sudah kita buat, lengkap dengan bahan ajar, modul, video tutorial, jadwal pertemuan, quiz dan kelengkapan lainnya pekerjaan berikutnya adalah mencari peserta didik atau siswa.

Sama seperti halnya sekolah di dunia nyata, kelas online juga memerlukan strategi-strategi untuk mendapatkan peserta didik. Promosi menjadi kewajiban dari keseluruhan strategi yang digunakan.

Promosi tersebut bisa berupa:
  • Banner iklan yang kita pasang di banyak widget blog
  • Artikel promosi yang kita buat setiap hari dan di publish di banyak blog, atau blog direktori
  • Iklan teks yang kita pasang di konten blog atau blog iklan baris
  • Video promo di youtube
  • Stiker-stiker promosi yang kita post di facebook, twitter dan sosial media lainnya
Media promosi yang bisa kita gunakan:
  • Blog pribadi atau blog teman
  • Facebook, twitter dan sosial media lainnya
  • Addword
  • Program periklanan lainnya
  • Iklan baris gratis
  • Box komentar blog orang lain yang trafiknya ramai
  • SMS
  • Stiker atau pamplet yang dibagi-bagikan ke sekolah
  • Pelatihan, workshop, seminar dan gathering lainnya
Demikian tulisan ini, mudah-mudahan bisa memberi motivasi dan insfirasi bagi rekan-rekan guru yang sedang berpikir keras untuk mendapatkan slot penghasilan baru diluar rutinitas mengajarnya.

Tulisan ini mungkin bisa menginsfirasi anda:
8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Bagi yang Suka Nulis atau Mebuat Software
Mendapat Jutaan Rupiah Dari Menjual Photokopian Melalui Blog Gratisan


No comments

Powered by Blogger.