Header Ads

Pengertian Ilmu dalam Islam




Menurut bahasa, arti kata ilmu berasal dari bahasa Arab (ilm), bahasa Latin (science) yang berarti tahu atau mengetahui atau memahami. Sedangkan menurut istilah, ilmu adalah pengetahuan yang sistematis atau ilmiah. Perbedaan ilmu dan pengetahuan yaitu : Secara umum, Pengertian Ilmu merupakan kumpulan proses kegiatan terhadap suatu kondisi dengan menggunakan berbagai cara, alat, prosedur dan metode ilmiah lainnya guna menghasilkan pengetahuan ilmiah yang analisis, objektif, empiris, sistematis dan verifikatif. Sedangkan pengetahuan (knowledge ) merupakan kumpulan fakta yang meliputi bahan dasar dari suatu ilmu, sehingga pengetahuan belum bisa disebut sebagai ilmu, tetapi ilmu pasti merupakan pengetahuan.


Pembahasan :

  1. Definisi Ilmu dalam Agama Islam
  2. Konsep Ilmu dalam Agama Islam
  3. Mengidentifikasi Ayat Al-quran terkait dengan Ilmu










Download Materi Power Point  Pengertian Ilmu dalam Islam


Sekian Postingan mengenai KONSEP ILMU DALAM AGAMA ISLAM 
semoga bisa menambahkan motivasi kita agar semakin giat dalam mencari ilmu dengan terus belajar dan senantiasa berbagi ilmu yang dimiliki , sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat dan ilmu yang bermanfaat bisa menjadi amal jariyah (amal yang pahalanya mengalir terus ) bagi kita .

Misal dengan mengajarkan kebaikan membaca Basmallah setiap melakukan aktivitas pada seorang anak dan anak tersebut melakukanya sampai dia dewasa dan kemudian mengajarkanya lagi kepada seseorang muslim Insyaallah amal kebaikan akan terus mengalir pada kita. ( Motivasi )
, dengan  ilmu seseorang diangkat derajatnya dan disegani oleh orang lain, dan masih banyak lagi manfaatnya


Follow Blog Orang IT dan LikeFanspage Helmykkediricomp , jangan lupa klik iklan hanya untuk sekedar donasi pada admin terimakasih.

No comments

Powered by Blogger.