Header Ads

Bagaimanakah Membuat Blog Yang Bagus dan Tertata Rapih?

Bagaimanakah Membuat Blog Yang Bagus dan Tertata Rapih? Kira-kira seperti itulah salah satu pertanyaan yang masuk ke inbox sms saya beberapa minggu yang lalu. Untuk menjawab pertanyaan itu saya tidak bisa langsung menjawabnya, karena sebelum menjawab saya harus melihat-lihat dulu beberapa blog saya, jangan-jangan saya menjawab pertanyaan dengan penuh semangat ternyata blog saya juga berantakan. Dan setelah dilihat ternyata tampilan blog-blog saya memang masih jauh untuk disebut bagus dan rapih. Salah satunya blog yang ini, berantakan kan? Walau demikian saya akan coba menjawab pertanyaan tersebut lewat tulisan kali ini, minimal jawaban ini bisa jadi lis pekerjaan saya untuk merapihkan beberapa blog saya kedepannya.

Bagaimanakah Membuat Blog Yang Bagus dan Tertata Rapih?
Kriteria blog yang bagus itu seperti apa?
Ada banyak tulisan yang berpersepsi tentang blog yang bagus itu seperti apa. Saya sendiri tidak mempunyai standar khusus tentang kriteria bagus tidaknya sebuah blog, yang ada dikepala saya saat melihat sebuah blog adalah, banyak tidaknya kontent, terupdate atau tidak, kontennya bermanfaat atau tidak, segment kontentnya untuk siapa, trafiknya berapa, cepat atau lambat loadingnya, hurufnya bisa dibaca atau tidak, kalau menampilkan foto, foto-fotonya bagus-bagus atau tidak? Dan tampilan / template blog kadang diperhatikan juga.

Tiga hal penting yang menurut saya berkesan dari sebuah blog adalah:
  • Konten blog yang banyak, terupdate, dan bagus-bagus. Bagus-bagus maksudnya tidak asal nulis untuk mengejar trafik semata, tetapi memang tulisannya bermanfaat bagi orang lain. 
  • Navigasi dan kecepatan loadaingnya bagus. Navigasi bagi saya sangat penting untuk memudahkan orang untuk berpindah halaman, tidak muter-muter dan dijebak oleh puluhan link inbound. Loadingnya bagus artinya ketika kita meng-klik hyperlink di halaman google, blog yang dituju langsung terbuka tidak berlama-lama menunggu tampil.
  • Hurufnya bisa dibaca, tidak banyak animasi dan penghalang lainnya. Banyak blog dengan aneka macam font yang unik tapi ternyata malah ditinggalkan pengunjungnya lantaran menyulitkan pengejaan teks. Animasi kadang menarik, tapi bagi saya malah mengganggu kecuali animasi tersebut memang harus ada untuk simulasi materi tertentu. Teralu banyak widget dan aneka iklan juga malah menjadi penghalang untuk kenyamanan pengunjung dalam mebaca artikel atau informasi yang dibutuhkan.
 Apakah blog harus rapih?
Tidak juga, banyak blog populer ternyata blognya berantakan alias tidak rapih. Tapi melihat blog yang rapih akan lebih menarik dibanding dengan blog yang berantakan. Karenanya dalam sebuah kontes blog banyak yang memasukan kerapihan blog bagian dari point penilaian.

Yang dimaksud rapih itu antara lain:
  • Paragraf, aligment, dan penyusunan teks lainnya rapih.
  • Ada bilah widget yang berisi lates post, populer post, kotak pencarian, dan list navigasi lainnya yang memudahkan pengunjung menemukan informasi yang dicarinya.
  • Layout tampilan blog yang tidak ribet dengan pernik-pernik seperti slideshow, random image dan lainnya. 
  • Dan page yang isinya sesuai dengan judul yang diberikan, misalnya page daftar isi ya isinya memang daftar isi dari konten blog.
  • Peletakan komponen multimedia yang memang sesuai posisinya, misalnya menempatkan photo pendukung yang tidak asal tempat yang pada akhirnya malah mengganggu pengunjung. 
Nah kira-kira itulah jawaban saya, kalau ditanya seperti apakah blog yang bagus dan rapih itu? Ini hanya persepsi saya saja, sebab lain orang lain pula selera dan lainpula persepsinya.

Berikutnya, bagaimanakah Membuat Blog Yang Bagus dan Tertata Rapih?
Dalam membuat blog saya tidak pernah membuat sketsa rancangan, atau  mockup. Sebab kebanyakan blog saya menggunakan default template bawaan blogger atau wordpress. Jadi tinggal pake saja. Berikutnya yang saya rapihkan cuma pada tata letak, misalnya apakah tampilannya terdiri dari 3 kolom atau 2 kolom, bilah widget yang dianggap penting ada disebelah mana, navigasinya pake drop down atau horizontal saja, dan lainnya. Dan setelah jadi, kontentnya banyak, pengunjungnya mulai ada, baru saya rapihkan perlahan-lahan. Misalnya menambahkan widget tertentu yang sebelumnya tidak ada, mengganti latar, menyisipkan kode tertentu yang dirasa perlu.

Tapi untuk mengingatkan saya, bahwa ada beberapa hal penting yang saya anggap perlu agar blog yang kita buat langsung terlihat bagus dan tertata rapih, yaitu:
  • Pilih template yang sesuai
  • Tentukan widget yang diperlukan (misal widget lates post, popular post, dan sebagainya)
  • Pasang propertis konten, seperti breadchrumb, related post, label, tag, dan propertis lainnya.
  • Kalau fanatik dengan kecepatan load blog, silahkan test menggunakan tester situs dan generator lainnya.
  • Untuk terbitan pertama, buat artikel yang sedikit panjang dengan pelengkap gambar atau lainnya yang terlihat rapih dan sesuai dengan topik.
Dan masih banyak lagi sebenarnya hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin blog yang dibuat mendapatkan predikat blog bagus dan terlihat rapih. Pengalaman membuat blog akan sangat berpengaruh terhadap "selera" si empunya blog. Jadi, bagus dan tidaknya sebuah blog itu tergantung persepsi masing-masing, begitupun dengan kerapihan blog, juga tergantung dari selera dan pengalaman blogging masing-masing.

    1 comment:

    1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
      Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

      Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

      ReplyDelete

    Powered by Blogger.