Header Ads

Langkah-langkah Sederhana Mendatangkan Pengunjung Blog Secara Organik

Langkah-langkah Sederhana Mendatangkan Pengunjung Blog Secara Organik-Menjawab pertanyaan salah seorang pembaca blog ini, pada tulisan saya tentang Tips Mendatangkan Pengunjung Blog Secara Organik kali ini saya coba menjawabnya berdasarkan pengalaman "membuild" sebuah blog dan dalam waktu kurang lebih satu bulan sudah mendatangkan pengunjung hingga 40 ribu visitor. Dan saya tidak menggunakan trik-trik SEO luar biasa untuk mendatangkan pengunjung tadi, saya hanya melakukan beberapa langkah sederhana yang mungkin sudah umum dilakukan rekan-rekan blogger lainnya. Dan bagi rekan-rekan Guru yang belum pernah mencoba langkah-langkah sederhana ini bisa mencobanya untuk optimasi blog rekan-rekan guru semuanya.
Langkah-langkah Sederhana Mendatangkan Pengunjung Blog Secara Organik
Screen Shoot Visitor
Skema sederhana bagaimana saya melakukan perencanaan untuk membangun sebuah blog dengan target jumlah visitor:
  • Pertama adalah saya coba membidik kata kunci yang saya pikir waktu itu masih sedikit rekan-rekan blogger yang menggunakannya, tetapi saya yakin kata kunci tersebut akan menjadi trend topik pada bulan berikutnya setelah semua konten pada blog yang saya buat tersebut selesai tepat waktu sesuai rencana dimana pada saat itu kata kunci yang saya bidik akan booming. Ini perlu digaris bawahi, kesuksesan membidik kata kunci Untuk membidik kata kunci kita bisa menggunakan beberapa tools di internet, diantaranya trend pencarian di mesin pencarian, untuk yang ini kita gunakan mesin pencari Google saja. Berikutnya kita juga bisa menggunakan google trend. Tapi untuk kasus saya, saya hanya menggunakan mesin pencari google untuk mencari dua buah kata kunci yang saya bidik, apakah sudah digunakan blogger lain, berapa banyak asosiasi kata yang berhubungan dengan dua kata kunci yang saya bidik tersebut, dan kemungkinan trend kedepannya. Kita bisa mendapatkan semuanya dari mesin pencari google.
  • Kedua, setelah saya yakin dengan kata kunci yang saya bidik, kemudian saya mulai membuat subdomain blog saya, tentu alamatnya menggunakan dua kata kunci yang saya bidik tersebut.
  • Ketiga, saya mengisi konten blog tersebut. Saya langsung mengisinya dengan 10 artikel. Artikel tersebut tentu "niche" sesuai dengan topik dan kata kunci yang saya bidik. Dan dalam setiap artikel saya sertakan gambar pelengkap, disertakan pula link internal ke artikel sebelum dan sesudahnya. Untuk yang ini saya "meniru" gayanya wikipedia. Dan tidak ada eksternal link, semuanya internal link.
  • Keempat, setiap artikel yang sudah selesai saya buat pasti tertaut otomatis ke Google plus, dan pada kolom komentar saya masukan judul yang sama sesuai artikel yang dibuat.
  • Kelima, setelah 10 artikel berhasil saya buat, kemudian saya mulai memikirkan tampilan blog saya. Untuk yang ini saya coba "mendengarkan" saran teman saya dengan menggunakan template responsive.
  • Keenam, saya mensubmit semua artikel yang suadah dibuat ke submit url milik google, yaitu Google add url dan submitnya saya lakukan pada sekaligus. Misalnya artikel blog saya sudah mencapai 22 artikel, maka saya submit semuanya hari itu juga. Tidak selesai posting langsung submit url.
  • Ketujuh, saya seting meta blog saya, khususnya pada seting preferensi penelusuran: deskripsi, robots.txt khusus, dan tag tajuk robot khusus.
  • Kedelapan, saya daftarkan pula di Google web master tool, dan seting sitemap disana, target situs, dan mengisi parameter lainnya.
  • Kesembilan, saya juga menggunakan tips-tips SEO sederhana. Seperti penggunaan H1, H3 pada judul posting, menebalkan kata kunci target dalam posting, dan lainnya.
  • Kesepuluh, saya membuat tautan eksternal menuju blog baru dari salah satu blog saya yang trafiknya paling tinggi (rata-rata perhari bisa mencapai 30.000an), ini biasa disebut backlink.
Setelah 10 langkah tadi saya lakukan, kemudian setiap hari saya cek trafik blog baru tersebut, apakah ada peningkatan signifikan atau tidak. Untuk minggu pertama, ternyata trafiknya hampir 90% berasal dari backlink blog saya yang lain tersebut. Dan sisanya dari Google. Dan minggu berikutnya baru saya mengamati lonjakan yang luar biasa dengan trafik blog saya, dan luarbiasanya lagi hampir 100% visitor datang dari Google.

Dan di minggu ketiga ketika kata kunci yang saya bidik lagi booming, visitor blog baru saya tersebut mencapai 40 ribu visitor lebih per harinya. SS nya saya tampilkan diatas.

Mungkin apa yang saya lakukan hanyalah kebetulan saja, tetapi apapun itu saya sudah melakukan perencanaan yang matang sebelum saya membuat blog tersebut. Dan ini bisa dibuktikan dengan beberapa blog lainnya yang dibuat dalam waktu bersamaan dengan blog yang trafiknya 40 ribu tersebut, dengan langkah-langkah diatas trafiknya mencapai ribuang tiap harinya.

No comments

Powered by Blogger.