Header Ads

Tips Membuat dan Menjual Ebook

Tips Membuat dan Menjual Ebook| Bisnis ebook saat ini memang masih memberikan peluang untuk siapa saja yang mempunyai kreatifitas menulis. Siapa saja? Ya siapa saja, asala mempunyai kemampuan menulis dengan baik dan apa yang ditulisnya bermanfaat bagi orang lain. Kali ini saya akan berbagi tips-tips sederhana mengenai cara membuat ebook, sampai pada proses penjualanya melalui internet. Tips yang saya bagikan adalah tips sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja, dan tips ini sudah saya buktikan dengan produk-produk ebook saya yang saya jual di internet dan menghasilkan uang buat saya. Seperti apa tipsnya?

Tips Membuat dan Menjual Ebook>>Tips membuat ebook sederhana:
Untuk membuat ebook layaknya membuat karya tulis lainya, jadi harus dipersiapkan beberapa hal berikut:
  1. Ide menulis. Mau menulis tentang apa? Tentang kesehatan kah, tentang pendidikan kah? tentang tutorial kah?
  2. Tentukan untuk siapa tulisan dibuat? Untuk orang tua, remaja atau anak-anak? Untuk profesi apa, misal untuk guru, pelajar, atau umum.
  3. Konsep atau skenario materi yang akan ditulis. Baca contoh pembuatan skenario materi tulisan pada posting membuat panduan mengajar tik untuk sekolah dasar.
  4. Bahan tulisan (bisa referensi dari buku-buku, jurnal, artikel dan bahan pendukung lainya yang relevan dengan skenario materi yang akan ditulis).
  5. Buat jadwal penulisan. Tentukan berapa lama ebook akan dibuat sesuai skenario materi tulisan. Hal ini penting agar ebook yang hendak dibuat benar-benar selesai, sebab kadang tidak adanya disiplin waktu akhirnya menulis ebook jadi tergantung mut, dan akhirnya tidak selesai.
  6. Siapkan layout ebook. Mau dicetak dikertas ukuran apa (A4, legal atau letter) umumnya ebook dibuat dalam ukuran kertas A4.
  7. Jika proses penulisan sudah selesai, lakukan editing, bisa oleh sendiri atau teman anda. Minta komentar teman atau siapa saja yang anda beri kesempatan untuk melakukan pengeditan.
  8. Siapkan software pendukung untuk konversi file document ke format Pdf. Ada banyak software untuk melakukan proses ini, silahkan search di google.
  9. Siapkan pulsa software untuk membuat Cover ebook. Cover akan digunakan saat promosi di internet. Cover akan menentukan tertarik tidaknya orang untuk membeli ebook anda. Jadi buatlah cover semenarik mungkin. Jika mempunyai skill poroshop membuat cover tidak masalah, tapi jika tidak silahkan cari software untuk membuat cover ebook melalui mesin pencari google saja.
  10. Sampa tahap 9, sebenarnya proses pembuatan ebook sudah selesai. Tapi ada satu lagi yaitu mempackaging ebook kedalam folder winzip atau winrar sebelum diletakan di root penyimpanan. Hal ini penting untuk mempermudah dalam proses download agar tidak terlalu berat.
Tips Membuat dan Menjual Ebook>>Tips menjual ebook secara sederhana:
Bagaimana menjual ebook di internet? Itu pertanyaan sederhananya, dan kita bisa mendapatkan jawaban tersebut dari berbagai artikel yang di post rekan blogger lainya. Dan saya ingin berbagi saja bagaimana menjual ebook dengan proses sederhana:
  1. Siapkan situs utama tempat ebook akan di pajang. Jika tidak mau repot, buat saja blog gratisan di blogspot atau wordpress. Jika mau spesial pilih custom domain, pilih pula template khusus untuk menjual ebook untuk hal ini bisa anda cari di google. Tapi jika sudah punya blog pribadi, bisa juga ebook dipajang di blog pribadi tersebut, asal blog anda memang sesuai, artinya topik-topik tulisan di blog anda memang sesuai dengan isi ebook tersebut.
  2. Buat resensi tentang ebook anda, fungsinya untuk memberi penjelasan singkat tentang isi ebook, meyakinkan pembaca tentang manfaat ebook dan seterusnya yang intinya memaksa secara tidak langsung agar pembaca tertarik dan mau membeli ebook anda tersebut. 
  3. Tentukan harga ebook, dan paket harga spesial untuk pembelian tertentu dan seterusnya seperti discount, harga spesial, promo dan penawaran-penawaran menarik lainya.
  4. Buat form order. Dalam form tersebut berisi field data pembeli, misal nama, alamat, no telpon, email dan data lainya yang anda butuhkan untuk verifikasi data pembeli. Untuk membuat form order jika situs dibuat secara personal maka anda memerlukan kecakapan khusus tentang sintak program tertentu untuk membuat form dan koneksi ke database. Tapi tidak perlu kuatir jika menggunakan blog gratisan blogspot atau wordpress, di blogspot kita bisa menggunakan fasilitas form di googli drive, sedangkan di wordpress sudah tersedia custom untuk pembuatan form.
  5. Siapkan rekening untuk menerima pembayaran. Bagi yang sudah mempunyai rekening bank tidak perlu melakukanya. Tetapi untuk keamanan dan mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan lebih baik membuat akun baru khusus untuk menerima pembayaran ebook. Fungsi rekening hanya untuk transit pembayaran saja. Jangan lupa koneksikan dengan layanan sms banking, hal ini untuk memudahkan kita untuk mengetahui ketika ada uang masuk.
  6. Dan langkah yang paling penting adalah promosi. Promosi bisa kita lakukan lewat blog utama, blog pengumpan satu, blog pengumpan dua dan seterusnya. Promosi juga bisa kita lakukan dengan memanfaatkan situs jejaring sosial. Promosi juga bisa kita lakukan lewat pihak ketiga, dan jenis promosi lainya.
Demikian posting Tips Membuat dan Menjual Ebook ini, pada praktiknya usaha maksimal anda yang menentukan keberhasilan pembuatan dan penjualan ebook tersebut. Ada banyak lagi cara yang dapat mengoptimalkan penjualan ebook di internet, dan tips diatas sebagai panduan dasar saja bagaimana membuat ebook secara sederhana dan menjualnya lewat internet dengan langkah sederhana pula. Selamat mencoba!

Jika artikel Tips Membuat dan Menjual Ebook ini penting, bisa di download fila PDF nya untuk disimpan dalam drive komputer anda.  Download disini >>


No comments

Powered by Blogger.