Header Ads

Jasa Kreatif di Internet

Belakangan saya sering menggunakan kata "jasa kreatif". Jasa kreatif yang saya maksud adalah mengerjakan sesuatu yang dipesan oleh orang lain melalui internet. Misalnya saja pekerjaan membuatkan blog, pekerjaan membuatkan website, pekerjaan menaikan trafik blog, pekerjaan membuatkan template dan lain sebagainya. Pekerjaan-pekerjaan seperti itu sangat memerlukan ide-ide kreatif, bukan cuma skil tertentu. Saya sangat menyukai pekerjaan seperti itu, dimana saya bisa bekerja tanpa harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain, cukup dari satu meja dan saya bisa mengerjakan semuanya dan mendapatkan uang tentunya.

Dulu saya tidak kepikiran untuk merintis pekerjaaan yang saya sebut jasa kreatif tadi. Tapi keadaan memaksa saya untuk sedikit menguras pikiran, bagaimana saya harus bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama saya tentunya. Sangat menyenangkan, dimana saya cuma duduk tapi ternyata saya menghasilkan transaksi. Dan nilai dari transaksi tersebut melebihi gaji saya.

Siapapun bisa menjual jasa kreatifnya di internet, terlebih rekan guru. Seorang guru sudah dibekali jiwa-jiwa kreatifnya karena mereka harus selalu berimrprovisasi dalam kegiatan mengajarnya. Seorang guru bisa menciptakan produk jasa kreatifnya yang bisa dijual melalui internet, diantaranya:
  • Jasa pembuatan media pembelajaran
  • Jasa pembuatan PTK
  • Jasa kursus online
  • Menjual ebook LKS 
  • Menjual ebook kumpulan rumus
  • Menjual ebook solusi pelajaran tertentu
  • dan banyak lagi jasa kreatif yang bisa dijual oleh seorang guru di internet.

No comments

Powered by Blogger.