Header Ads

Membuat Panduan Mengajar TIK Untuk Sekolah Dasar

Membuat Panduan Mengajar TIK Untuk Sekolah Dasar| Menjadi guru memang dituntut mengerti akan media atau perangkat mengajar. Ketika hendak mengajar suatu mata pelajaran maka seorang guru harus tahu materi apa saja yang nantinya akan diberikan, tentu kurikulum menjadi acuanya. Begitupun ketika seorang guru hendak mengajar materi tertentu sedari awal harus mempersiapkan skenario pembelajaranya, dan RPP menjadi modal utamanya. Dari RPP tersebut guru sudah menuangkan apa saja yang akan diberikan kepada siswanya, step by step waktu yang nanti akan dihabiskan dalam beberapa jam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran yang akan digunakan, karakter apa yang akan di fokuskan, dari semu itu tentu guru akan mengetahui media apa saja yang harus disiapkan. Dan begitu pun dengan guru TIK di sekolah dasar, mereka harus tahu media apa saja yang diperlukan. Topik tulisan kali ini adalah Membuat Panduan Mengajar TIK Untuk Sekolah Dasar, topik ini akan sangat berguna bagi rekan guru yang hendak mengajar mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sekolah dasar.

Untuk Membuat Panduan Mengajar TIK Untuk Sekolah Dasar, terlebih dahulu kita harus membuat skenario penulisan yang prosesnya mirip-mirip pembuatan sory board dalam pembuatan media pembelajaran interaktif. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita menyusun skenario penulisan:
  • Lihat kurikulum TIK sekolah dasar. Misalnya kita akan membuat panduan mengajar tik untuk kelas IV SD, dan kurikulum acuan kita adalah KTSP. Maka perhatikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikatornya. Dari sana kita mulai menyusun skenario materi yang akan kita buat dalam panduan mengajar tik SD tersebut.
  • Setelah mengetahui SK, KD dan Indikator dalam kurikulum selanjutnya kita mulai menyusun skenario materi yang akan diberikan kepada siswa sesuai SK, KD dan Indikator tadi. Pada tahap ini guru punya kewenangan untuk menambahkan materi-materi yang dirasa perlu untuk diberikan kepada siswa, atau memangkas materi-materi dalam SK, KD, Indikator yang dirasa sudah tidak relevan lagi dengan kondisi siswanya. Contoh skenario materi bisa dilihat pada link dibawah posting.
  • Mengumpulkan bahan, misalnya saja mengumpulkan buku-buku yang relevan dengan rencana pembuatan panduan mengajar. Mengumpulkan artikel-artikel, tutorial, dan bahan lainya yang bisa dijadikan referensi. Kumpulkan alamat situs yang relevan yang nantinya akan menjadi bahan rujukan. Kumpulkan gambar-gambar yang akan digunakan untuk memperjelas pembahasan, dan seterusnya.
  • Mulai menyusun panduan mengajar tik sd, tahap ini adalah tahap implementasi. Menerjemahkan skenario materi kedalam bentuk tulisan berdasarkan baha dan referensi yang sudah tersedia. Melakukan uji coba tutorial singkat, capture gambar step by step, membuat latihan, rangkuman, soal dan setersunya sesuai skenario yang sudah dibuat.
  • Refisi dan refisi. Refisi merupakan proses editorial, artinya si penyusun materi mengamati kembali semua tulisan memeriksa apakah ada kesalahan-kesalaha, dan "ketidak relevanan" antara tulisan dan skenario penulisan.
Nah 5 langkah tadi merupakan tips sederhana dalam  Membuat Panduan Mengajar TIK Untuk Sekolah Dasar. Dalam prosesnya keterampilan menulis guru, intuisi dan kemampuan mengembangkan materi guru akan sangat menentukan seperti apa nantinya panduan tersebut selesai dibuat. Dan contoh-contoh  Panduan Mengajar TIK Untuk Sekolah Dasar dapat dilihat pada link dibawah ini. Selamat mencoba!

Lampiran posting:

Contoh panduan mengajar TIK SD:

No comments

Powered by Blogger.