Header Ads

Mengintegrasikan TIK Kedalam Semua Mata Pelajaran

Mengintegrasikan TIK Kedalam Semua Mata Pelajaran| Pada dasarnya TIK mencakup semua hal yang menyangkut teknologi informasi dan komunikasi, bukan cuma komputer dan aplikasinya. Untuk itu pemanfaatan TIK kesemua aspek pembelajaran sangatlah perlu dilakukan, agar TIK itu terasa benar manfaatnya. Menggunakan TIK bukan berarti cuma menggunakan perangkat komputer saja, atau belajar komputer saja melainkan lebih luas lagi. Dihilangkannya mapel TIK pada kurikulum 2013 salah satu alasanya adalah agar TIK diintegrasikan ke semua mata pelajaran. Jadai, guru mempunyai tugas baru pada pelaksanaan kurikulum 2013 nanti, yaitu menggunakan TIK dalam proses KBM. Hal ini sangat positif tentunya dalam merespon perkembangan teknologi yang semakin maju dan memanfaatkanya untuk perkembangan pendidikan.

Bagaimana cara mengintegrasikan TIK kedalam mata pelajaran tersebut?
Yang lebih mudah, saat mengajar seorang guru bisa menggunakan perangkat infokus sebagai media visualnya. Ketika menggunakan infokus, tentu guru juga akan menggunakan laptop atau PC sebagai perangkat teknologi yang akan menjalankan aplikasi tertentu. Dan ketika menggunakan laptop atau PC tersebut, seorang guru juga akan menggunakan satu, dua atau beberapa aplikasi untuk kepentingan mengajarnya, misalnya menjalankan slide pembelajaran, memutar video pembelajaran dan seterusnya. Dan untuk membuat slide-slide pembelajaran tersebut seorang guru minimal harus bisa aplikasi PowerPoint dan tool-toolnya, dan untuk mencari sumber atau bahan yang akan ditampilkan dalam slide tersebut agar lebih interaktif guru juga harus bisa dan mengerti internet. Begitulah contoh sederhana mengintegrasikan TIK kedalam mata pelajaran

Dalam praktiknya, guru saat ini harus cakap teknologi. Seperti yang saya tulis pada tulisan sebelumnya, minimal 6 Keterampilan TIK yang Harus Dimiliki Seorang Guru. Dan beberapa Perangkat Teknologi yang Wajib Dimiliki Guru.Guru juga harus mampu Membuat Media Pembelajaran Interaktif sendiri. Dan agar mengikuti tren teknologi guru juga bisa membuat media penyimpanan berkas pembelajaran melalui blog atau website sendiri.

Dalam contoh yang lebih luas, sekolah juga harus mengintegrasikan TIK kedalam semua aspek yang mendukung kegiatan sekolah. Dan saya akan menulisnya pada kesempatan berikutnya.

No comments

Powered by Blogger.