Header Ads

Terhambat Akses Internet yang Lambat

Hari ini saya ada jadwal mengajar TIK-Kom di kelas 7, rencananya hari ini kami mau mempraktikan cara-cara instalasi beberapa aplikasi pendukung untuk pembelajaran CMS, diantaranya instalasi Xammp, wordpress dan artisteer. Tapi lantaran sakit gondokan, saya belum bisa masuk. Padahal minggu yang lalu saya juga tidak masuk kelas karena gladi resik wisuda, dan sekrang tidak masuk lagi, kasian sebenarnya dan saya punya hutang yang mestinya bisa dituntaskan hari ini. Sebenarnya saya bisa memanfaatkan internet untuk membuka kelas secara online, tapi setelah dicoba-coba koneksi internet saya sangat lambat dan itu tidak memungkinkan untuk mengajar dari rumah menggunakan internet. Huuuhhhhh.....


Alternatif kedua, saya memanfaatkan handphone saya untuk mengintruksikan siswa saya mengenai proses demi proses instalasi. Tapi pulsa saya tidak memadai, dan pilihanya adalah sms. Saya akan mengintruksikan proses yang harus dikerjakan siswa melalui sms. Mudah-mudahan apa yang saya instruksikan bisa dipahami siswa saya.

Alternatif ketiga, saya bisa saja menggunakan blog ini. Tapi komunikasinya akan searah, mending siswa saya langsung tanggap dengan apa yang saya tulis, kalau tidak sama saja boong. Tapi alternatif ini akan saya coba, dan materinya sudah ada di blog saya yang lain jadi tinggal instruksikan linknya saja.

Alternatif keempat, saya akan menggunakan facebook. Nah, ini mungkin sedikit membantu. Artinya saya bisa komunikasi dua arah, mesti koneksi internet saya hanya kuat untuk chatingnya saja. Tapi ini akan langsung share ke beberapa siswa ketimbang menggunakan sms yang akan memakan banyak pulsa.

Kesimpulannya adalah, e-learning tidak bisa berjalan tanpa dukungan koneksi internet yang kuat. Mudah-mudahan sekolah mau memperhatikannya heehheh. Dan apakah dengan mengajar seperti ini apakah saya dianggap masuk kelas tidak ya?

No comments

Powered by Blogger.