Header Ads

Kurikulum 2013: Guru Wajib Cerdas Teknologi

Kurikulum 2013: Guru Wajib Cerdas Teknologi| Kurikulum 2013 sudah ketuk palu, terlepas dari pro-kontra reakan guru. Dan sebagai pelaksana, guru mau tidak mau, suka atau tidak suka harus melaksanakan kurikulum baru tersebut. Dan penggunaan perangkat teknologi menjadi wacana hangat yang terus diperbincangkan, konon katanya guru mengajar mesti menggunakan perangkat semacam infokus, laptop dan media lainya untuk mendukung proses KBM. Lantaran itu maka guru-guru wajib cerdas teknologi. Tidak semua teknologi mesti dikuasai, tapi ada beberapa teknologi yang wajib dikuasai oleh guru, apa saja itu?

  1. Guru harus bisa menggunakan Komputer. Program aplikasi yang harus dikuasai minimal Office (word, excel, powerpoint), sykur-syukur bisa beberapa program aplikasi lainya. Baca artikel saya lainya yang berjudul "6 keterampilan TIK yang harus dimiliki oleh seorang Guru."
  2. Guru harus bisa menggunakan Infokus. Mulai dari menghidupkan, mengkoneksikan dengan komputer/laptop, mengatur resolusi, dan seting lainya.
  3. Mampu membuat media pembelajaran interaktif. Minimal mampu membuat slide presentasi PowerPoint lengkap dengan jelajah custom animasinya. Syukur-syukur mengerti struktur slide dan tool lainya sehingga mampu membuat media pembelajaran interaktif dengan PowerPoint tersebut.
  4. Mengerti Internet. Minimal mengerti cara browsing, upload-download, syukur-syukur bisa lebih dari itu misalnya saja mampu membuat blog, mengerti edmoodo, dan lainya.
Nah, demikian posting singkat Kurikulum 2013: Guru Wajib Cerdas Teknologi ini, sekalipun singkat tapi mudah-mudahan bermanfaat, setidaknya dapat memotivasi rekan-rekan guru yang belum sempat belajar perangkat dan aplikasi yang saya sebutkan diatas. Dan guru juga semestinya memiliki 6 perangkat teknologi lainya, baca artikel saya tentang 6 perangkat teknologi yang wajib dimiliki guru.

    No comments

    Powered by Blogger.