Header Ads

Draft Modul TIK SD Kelas 1 dan 2

Draft Modul TIK SD Kelas 1 dan 2| Empat modul TIK untuk sekolah dasar sudah saya buat. Dengan segala kelebihan dan kekuranganya keempat modul tersebut saya jual secara online dan sudah banyak digunakan oleh rekan-rekan guru TIK di Indonesia. Keempat modul TIK tersebut untuk kelas 3,4,5 dan 6 SD. Sayangnya setelah membuat keempat modul tersebut saya belum sempat lagi untuk melengkapinya dengan modul TIK kelas 1 dan 2 SD. Dan untuk tahun ajaran 2013/2014 ini saya berencana membuatnya. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membuat kedua modul tersebut, namun mencari materi yang sesuai dan bisa diterima oleh semua siswa kelas 1 dan 2 di sekolah dasar itu ternyata perlu pemikiran yang matang.

Materi TIK apa yang sesuai untuk kelas 1 dan 2 SD?
Dalam Draft Modul TIK SD Kelas 1 dan 2 yang hendak saya buat, beberapa materi berikut menjadi point penting yang akan saya buat:

Draft Modul TIK SD Kelas 1 
  • Pengenalan perangkat komputer beserta fungsinya yang biasa mereka lihat. Misalnya Keyboard, Mouse, Monitor. 
  • Materi cara menggunakan mouse, seperti menggerakan mouse dan seterusnya.
  • Materi cara menggunakan keyboard, seperti mengenal Enter dan seterusnya.
  • Menggambar sederhana.
  • Mewarnai. 
  • Materi games edukasi
  • Materi mendengarkan musik
  • Materi melihat video
Draft Modul TIK SD Kelas 2
  • Pengenalan perangkat komputer beserta fungsinya yang biasa mereka lihat. Pengulangan materi kelas 1 SD.
  • Materi cara menggunakan mouse, seperti menggerakan mouse dan seterusnya. Pengulanagn materi kelas 1 SD.
  • Materi cara menggunakan keyboard, mengenal tombol-tombol keyboard dan fungsinya. 
  • Pengenalan cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar.
  • Menggambar sederhana dan mewarnai.
  • Menulis huruf kreasi 
  • Materi games edukasi
  • Materi menggunakan aplikasi pemutar musik dan video.
Dari  Draft Modul TIK SD Kelas 1 dan 2 tersebut, saya harus mempersiapkan banyak referensi, jenis aplikasi apa saja yang cocok untuk materi mewarnai dan menggambar, apakah menggunakan Paint atau lainya? Memilih jenis-jenis game edukasi yang sesuai dengan usia mereka. Memilih jenis musik dan film yang sesuai dan mendidik. Memilih jenis pemutar musik dan video yang mudah digunakan. Dan bahan-bahan materi dan simulasi lainya. Mudah-mudahan pada akhir Juli 2013 sudah bisa saya realisasikan....


No comments

Powered by Blogger.