Header Ads

Buku TIK SD atau Modul TIK SD?

Buku TIK SD atau Modul TIK SD? Kalimat pembuka topik tulisan kali ini seperti membandingkan dua pertanyaan yang diberikan kepada seorang guru TIK SD, memilih buku TIK SD atau Modul TIK SD? Masing-masing opsi dari pertanyaan tadi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi kita akan memilih yang lebih bisa kita gunakan baik untuk kegiatan pembelajaran secara teori maupun praktik, dan tentunya lebih mudah diikuti oleh siswa.


Buku TIK SD
Lima tahun saya mengajar mata pelajaran TIK di sekolah dasar, dan selama lima tahun tersebut saya mencoba bereksperimen dengan beberapa suplemen pendukung mengajar saya. Saya memilih beberapa buku TIK untuk SD dari beberapa penerbit terkenal yang mudah diperoleh di toko-toko buku populer. Setelah saya membeli beberapa buku, kebanyakan buku-buku tersebut tidak terlalu membantu. Kenapa?

Misalnya saja untuk buku kelas 4 SD materinya terdiri dari 2 program aplikasi office, wordprocessor dan spreadsheet. Padahal kalau menghitung jumlah hari belajar(hari epektif) dalam setiap tahunya dua materi tadi tidak terkejar. Makanya dalam buku tersebut materinya hanya singkat, kurang bereksplorasi. Dan biasanya materi tersebut akan ditemukan di kelas berikutnya. Dan dalam buku TIK sering saya temukan banyak sekali teks hanya untuk menjelaskan satu proses yang sangat mudah.

Modul TIK SD
Dari pengalaman dan melihat buku-buku TIK SD saya memilih membuat langkah-langkah pembelajaran suatu materi dengan model tutorial, step by step, satu materi selesai dilanjutkan ke materi berikutnya, petunjuk proses menggunakan anak panah yang memudahkan siswa untuk mempelajarinya sendiri. Dan pada kesimpulan akhir, saya lebih memilih Modul TIK SD daripada buku TIK SD.

No comments

Powered by Blogger.