Header Ads

Seorang Teman Anak Bisa Merusak Keluarga

Teman Anak Bisa Merusak Keluarga
KETIKA teman-teman anak memengaruhi seluruh hidupnya. Kemudian berdampak pada timbulnya masalah dalam keluarga. Maka orangtua perlu mengambil langkah tegas tanpa harus berdebat dengan anak.
Tak peduli berapa besar cinta terhadap anak, tapi bila pergaulan telah merusak kepribadian anak sehingga mereka berani melawan dan bersikap tidak sopan, orangtua tidak boleh membiarkan. Berikut ini beberapa cara teman anak merusak kehidupan keluarga Anda.
Membentak anak
Ketika seorang anak dibentak oleh temannya di luar, itu telah memberi pengaruh buruk pada mereka. Sikap itu bisa ditiru anak Anda. Sangat mungkin sekali bila suatu saat anak berani membentak orangtua.
Terlibat dalam kegiatan berbahaya
Saat anak salah pergaulan dan terlibat perilaku menyimpang, ini seperti bola salju yang menakutkan. Misalnya, seperti terlibat narkoba dan tawuran. Jelas ini merusak keutuhan dan nama baik keluarga.
Bicara tidak hormat
Tegaskan pada anak bahwa di rumah ada aturan jelas untuk bicara sopan pada orangtua, begitu pun di luar. Mereka harus sopan dengan orang yang lebih tua. Mereka dilarang membawa bahasa kasar yang didapat dari teman ke dalam rumah.
Perilaku menyimpang tak terduga
Perilaku anak tak selalu mudah diprediksi. Pengaruh teman dapat memengaruhi perilaku mereka. Anak bisa mencoba berbohong pada orangtua, berbuat curang dengan temannya, dan mengejek saudara mereka.

No comments

Powered by Blogger.