Header Ads

Mitos seputar penyakit dan kesehatan

Mitos seputar penyakit dan kesehatan

Selama ini tanpa kita sadari banyak hal yang kita percayai begitu saja tentang informasi penyakit dan kesehatan, padahal dalam segi ilmu medis hal yang kita percayai adalah mitos belaka yang tidak ada hubungan dengan ilmu kesehatan.mitos yang sering kita dengar adalah sebagai berikut :

mitos tentang Hipotensi Ortostatik,diabetes melitus atau kencing manis1. Tidur di lantai dapat mengakibatkan penyakit paru-paru basah
Salah satu mitos yang sering kita dengar selama ini adalah tidur dilantai dapat mengakibatkan kita terserang penyakit paru-paru basah. penyakit paru-paru basah sebenarnya adalah penumpukan cairan di dalam rongga paru-paru akibat infeksi

2. Bangun tidur langsung berdiri dapat menyebapkan kita meninggal
bangun tidur langsung berdiri adalah hal yang normal kita lakukan, yang menyebapkan orang meninggal ketika bangun tidur langsung berdiri adalah di karenakan karena orang tersebut di serang penyakit yang kita kenal dengan nama Hipotensi Ortostatik. apa itu penyakit Hipotensi Ortostatik? pengertian dari Hipotensi Ortostatik adalah suatu penyakit yang di akibatkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba karena perubahan posisi tubuh. dari segi resiko resiko mereka yang mengalami Hipotensi Ortostatik biasanya terjadi pada orang yang memiliki tekanan darah rendah dan pada penderita diabetes melitus atau kencing manis karena pada orang yang terserang penyakit tersebut mengalami gangguan pada saraf tepi(polineuropati) termasuk di telapak kaki.sehingga pada saat bangun tadi orang tersebut sudah tidak dapat merasakan injakan kakinya, sehingga gangguan keseimbangan sangat mudah terjadi. jadi yang menyebapkan orang tersebut meninggal bukan karena ketika bangun tidur langsung berdiri tetapi karena memang orang tersebut terkena Hipotensi Ortostatik,diabetes melitus atau kencing manis .

3 Mitos jika tenyakit tekanan darah tinggi akan didahului oleh tanda tanda tertentu
Penyakit tekanan darah tinggi termasuk penyakit yang mematikan dan berbahaya karena dapat terjadi secara mendadak, tiba-tiba.mungkin ada yang terkena penyakit ini merasakan gejala penyakit darah tinggi. tapi sebagian besar terjadi secara mendadak. usahakan untuk rutin memeriksa tekanan darah anda kedokter,puskesmas atau membeli sendiri alatnya yang banyak dijual di apotik.  tekanan darah tinggi dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung, penyakit stroke, penyakit kerusakan ginjal dan masalah pernyakit berat lainnya. anda mungkin harus menurunkan terkanan darah anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

4. Mitos jika tenyakit tekanan darah tinggi akan didahului oleh tanda tanda/gejala tertentu
Banyak yang mengira penyakit darah tinggi(Hipertensi) akan di dahului gejala/tanda-tanda seperti gelisah, berkeringat, susah tidur, wajah kemerah-merahan. padahal sebagian besar terjadi tanpa ada gejala apapun(mendadak)
Penyakit tekanan darah tinggi termasuk penyakit yang mematikan dan berbahaya karena dapat terjadi secara mendadak, tiba-tiba.mungkin ada yang terkena penyakit ini merasakan gejala penyakit darah tinggi. tapi sebagian besar terjadi secara mendadak. usahakan untuk rutin memeriksa tekanan darah anda kedokter,puskesmas atau membeli sendiri alatnya yang banyak dijual di apotik. Penyakit darah tinggi(hipertensi) dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung, penyakit stroke, penyakit kerusakan ginjal dan masalah pernyakit berat lainnya. jika anda tekanan darah tinggi tapi tidak pusing itu bisa saja terjadi. analisa yang biasa terjadi yaitu tekanan darah tinggi tinggi tidak menyebapkan anda mengalami pusing/sakit kepala kecuali terjadi hipertensi yang nilainya lebih dari 180 atau angka bawah lebih tinggi dari 110.


No comments

Powered by Blogger.