Header Ads

Bahaya dan gejala usus buntu

Bahaya dan gejala usus buntu

Usus buntu adalah suatu proses peradangan yang terjadi pada appendix / umbai cacing pada usus. Apendik bahasa umum yang kita kenal usus buntu. Apabila penyakit usus buntu tidak ditangani dengan baik, cepat dan tepat akan menimbulkan konflikasi yang berat. Mungkin anda pernah mendengar atau melihat kejadian orang sehabis di operasi usus buntu akan di temukan biji yang terdapat cabe didalamnya.  apakah kebiasaan makan cabe tadi merupakan penyebab dari usus buntu?
Usus buntu adalah suatu proses peradangan yang terjadi pada apendix

Usus buntu yang disebabkan karena makan cabe adalah mitos, penyebab sebenarnya yang membuat orang sakit usus buntu adalah karena terjadi sumbatan.  beberapa penyebab infeksi usus buntu adalah dari feses (kotoran), cacing askaris, maupun tumor.  fungsi usus buntu sendiri tidak diketahui, dan apabila di operasi tidak akan menimbulkan hal-hal yang berpengaruh pada tubuh kita. banyak yang bingung bagaimana membedakan gejala usus buntu dengan gejala maag. karena rasa nyeri yang di timbulkan sama dengan penderita maag.
gejala awal dari penyakit usus buntu terjadi di sekitar ulu hati, seperti maag disertai mual dan muntah. ciri khas gejala usus buntu yaitu setelah 4-6 jam, nyeri akan berpindah ke perut bagian kanan bawah.
bahaya dari usus buntu yang pecah dapat mengakibatkan infeksi pada rongga perut dan dapat menyebabkan pada kematian. biasanya usus buntu yang menyebabkan kematian apabila infeksinya sudah berat.jadi untuk penangan yang tepat untuk usus buntu adalah dengan melakukan operasi. Cara mencegah penyakit usus buntu yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dapat mencegah infeksi usus buntu.
banyak yang mengatakan wanita lebih mudah untuk terkena infeksi usus buntu dibandingkan pria, padahal hal itu cuma mitos.angka kejadian infeksi usus buntu antara laki-laki dengan perempuan adalah hampir sama. begitu juga dengan anak-anak, berkemungkinan terkena penyakit usus buntu walau pada umumnya banyak terjadi pada orang dewasa.

Gejala dan ciri-ciri penyakit usus buntu
1. Rasa nyeri pada bagian kanan daerah bawah perut. gejala awal terasa tidak nyaman di daerah pusar, selanjutnya rasa sakit itu mulai kita rasakan di daerah bawah perut di sebelah kanan
2. pada anak anak dan wanita hamil rasa sakit itu terjadi di berbagai daerah perut.
3. Rasa sakit akan bertambah jika kaki dan perut anda melakukan gerakan juga terjadi guncangan tubuh misalnya ketika anda naik kendaraan maupun berolahraga.
4. Perut terasa sakit di iringi dengan tubuh panas/demam tinggi yang menyebabkan anda tidak dapat berdiri.
5. Ketika anda menekan bagian bawah perut sebelah kanan(dibawah pusar) anda merasakan nyeri lebih baik segera periksakan ke dokter dan jangan mengulang untuk menekan daerah yang sakit tersebut.

Banyak yang mengira makanan menjadi penyebab terjadinya usus buntu misalnya karena biji cabe atau makan jambu biji adalah hoak. pernyataan tersebut tidak didukung oleh analisa medis/kedokteran. penyakit usus buntu di sebabkan oleh sumbatan pada lapisan usus buntu yang mengakibatkan infeksi sehingga kemungkinan terjadi radang pada usus buntu. penyebaran bakteri, virus dapat menyebabkan usus buntu mengalami pembengkakan bahkan berisi nanah.jadi jika anda mengalami gejala dan ciri-ciri usus buntu diharapkan konsultasi dengan dokter dan biasanya harus segera dioperasi

Pemulihan pasca operasi usus buntu
Kegiatan normal dapat dilakukan setelah operasi. tapi untuk pemulihan secara penuh dibutuhkan waktu sekitar 4 sampai dengan 6 minggu. aktifitas yang melelahkan harus dihindari  selama waktu pemulihan. jangan melalaikan makan obat penghilang rasa sakit yang diresepkan oleh dokter rumah sakit pasca operasi usus buntu.

No comments

Powered by Blogger.