Header Ads

Mitos atau fakta gejala penyakit lemah jantung

Mitos atau fakta gejala penyakit lemah jantung

Seringkali kita mendengar jika sesorang mengeluh tentang tangan dan kakinya  sering  mengeluarkan keringat maka akan berpikiran dirinya terkena penyakit lemah jantung.dari segi ilmu kedokteran apakah benar itu indikasi anda terkena gangguan lemah jantung? fakta atau mitos?jangan terkejut jika anda mengalami gejala seperti diatas karena dalam artikel ini saya akan menjabarkannya secara lengkap.
keringat telapak tangan bukanlah tanda dan gejala penyakit lemah jantung

menurut Dr. dr. Ari fahrial syam,  SpPD, K-GEH, FINASIM, MMB, FACP yang merupakan seorang Dokter spesialis penyakit dalam menyatakan bahwa kondisi tangan dan kaki berkeringat bukanlah merupakan gejala penyakit lemah jantung,hal tersebut hanyalah mitos yang dipercayai masyarakat. kelenjar keringat pada tubuh manusia digolongkan kedalam 2 kelompok yaitu :

1. kelenjar keringat apokrin
kelenjar keringat apokrin pada umumnya terletak pada anggota tubuh ketiak,daerah yang berbulu dan area sekitar kelamin. ketika kelenjar apokrin ini berproduksi menghasilkan keringat,maka keringat yang keluar terdapat lemak.ketika kelenjar ini bekerja,bakteri juga ikut beraktifitas yaitu memecah komponen organik dari keringat yang di produksi kelenjar apokrin.aktifitas dari bakteri tadi menyebapkan keluar keringat yang mengeluarkan bau tidak sedap.
2. kelenjar keringat enkrin
kelenjar keringat enkrin biasanya banyak terletak pada wajah,telapak tangan dan telapak kaki. keringat yang dihasilkan merupakan campuran air dan garam. kelenjar keringat ini berfungsi dalam mengatur suhu pada tubuh manusia.
dari definisi kelenjar keringat enkrin tadi maka dapat kita simpulkan keluarnya keringat pada area tangan dan kaki merupakan hal yang normal pada tubuh kita.jadi ungkapan atau asumsi bahwa keringat di sekitar telapak tangan dan telapak kaki merupakan tanda-tanda atau gejala penyakit lemah jantung hanyalah merupakan mitos belaka.

No comments

Powered by Blogger.