Header Ads

Makanan untuk ibu menyusui dan cara memperlancar asi

Makanan untuk ibu menyusui dan cara memperlancar asi

Air susu ibu atau yang biasa disingkat ASI sangat penting untuk asupan bayi kita.  untuk bayi atau anak yang berusia dibawah 3 tahun, asi sangat penting untuk perkembangannya. karena pentingnya air susu ibu atau asi tadi, maka sangat bijak bagi sang ibu yang menyusui bayi untuk mengetahui makananan apa saja yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dikonsumsi ibu yang menyusui.

berikut ini tips makanan yang dianjurkan untuk memperlancar asi,memperbanyak air susu ibu dan makanan yang tidak diperbolehkan karena membuat asi tidak lancar (asi tidak keluar) adalah sebagai berikut :
Makanan untuk melancarkan asi (agar asi keluar)
Pentingnya untuk memperlancar air susu ibu bagi perkembangan bayi1.  Daun katu
daun katu biasanya dibuat sebagai bahan olahan sayur. daun katu mengandung polifenol dan juga hormon prolaktin yang dapat merangsang produksi air susu sehingga dapat memperlancar asi agar keluar. selain itu juga kenyaman ibu saat menyusui sangat penting karena dapat merangsang hormon prolaktin. jadi jangan merasa terpaksa ketika lagi menyusui bayi.
2. Pepaya
Pepaya bisa anda dapat anda dapatkan dengan mudah di pasar.pepaya tua/muda atau yang masih mentah sama baiknya. pepaya baik untuk ibu menyusui karena mengandung enzim papain, membantu pemecahan protein terutama pepaya yang masih mentah, nutrisi mudah diserap oleh tubuh.
3. Wortel
Zat utama yang terpenting dalam wortel yaitu beta karoten yang merupakan antioksidan alami.
4. Kunyit dan jahe
Kunyit dan jahe biasa kita temui didalam lemari dapur. kunyit dan jahe juga mengandung nutrisi penting untuk ibu menyusui karena berfungsi anti inflamasi, mengandung antioksidan, mengurangi rasa sakit akibat peradangan. pentingnya zat yang terkandung di dalam kunyit dan jahe karena pada umumnya ibu menyusui suka terjadi peradangan pada payudara dan juga mengurangi rasa sakit akibat peradangan tadi.
5. Brokoli dan bayam
Brokoli dan bayam penting karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Makanan dan minuman yang tidak melancarkan dan menghambat keluarnya air susu ibu (ASI)
1. Alkhohol
Alkohol tidak diperbolehkan bagi ibu menyusui karena dapat menghambat kelancaran air susu ibu(asi).
2. Kopi
Pada ibu menyusui konsumsi kopi dibatasi, karena makanan atau minuman yang dikonsumsi sang ibu akan turut dirasakan si bayi. zat yang terkandung di dalam kopi yaitu kafein dapat membuat bayi tidak bisa tidur.
3. Makanan yang berbumbu pedas/
Seperti halnya kopi. ibu menyusui dilarang makan/mengkonsumsi makanan yang pedas agar si bayi tidak merasakan rasa pedas pada air susu ibu yang diminumnya.
Demikianlah pantangan makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui

Banyak sekali yang menanyakan apakah ibu hamil/ibu menyusui boleh minum obat flue/obat demam? Apakah pantangan ibu menyusui juga minum es,soda dan juga makan jengkol?
bagi ibu hamil/menyusui sebaiknya obat flu/pilek/demam tidak dianjurkan untuk diminum. kebanyakan nanti akan sembuh sendiri.untuk meredakan flu/demam/pilek pada ibu hamil/ibu menyusui sebaiknya anda banyak istirahat, minum air putih
tapi jika penyakit anda tambah parah lebih baik konsultasikan dengan dokter/bidan. tentunya dokter/bidan lebih tau resep yang baik untuk anda.

Pengobatan dan pencegahan alami bagi ibu hamil/ibu menyusui yang terkena sakit flu, pilek, demam
1. Berkumur dengan menggunakan air yang sudah dicampur garam
2. Makan peremen mentol
3. Menghirup uap air panas.rendam handuk kecil dalam air panas,kemudian letakkan diatas kepala anda.pejamkan mata sambil menghirup udah panas yang keluar dari handuk tersebut

No comments

Powered by Blogger.