Header Ads

Prestasi Rossi Sepanjang Karier

Valentino Rossi (Foto: AFP/Javieer Soriano)PEMBALAP Movistar Yamaha, Valentino Rossi, saat ini sedang berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2015. Meski demikian, ia hanya unggul tujuh poin dari pesaing terdekatnya, Jorge Lorenzo. Menjelang balapan di Valencia yang akan berlangsung Minggu 8 November 2015, Random Rainbow akan mengingatkan kepada Anda berbagai prestasi yang pernah ia raih sepanjang kariernya.
125cc
Debut awal Rossi di ajang MotoGP dimulai di kelas 125cc. Balapan pertamanya di ajang MotoGP 125cc terjadi pada 31 Maret 1996. Pada balapan yang berlangsung di sirkuit Shah Alam tersebut, Rossi berhasil meraih posisi enam dari 21 pembalap.
Pada tahun yang sama, Rossi juga sempat mencoba serunya Sirkuit Sentul, Indonesia. Saat melaju di Sentul, Rossi hanya mampu finis di posisi sembilan. Musim pertama Rossi di 125cc tidak berjalan buruk. Ia berhasil meraih posisi sembilan dengan mengoleksi 111 poin. Perolehan tersebut hanya berjarak sembilan poin dari pimpinan klasemen akhir, Haruchiko Aoki.
Mengawali karier di 125cc dengan sempurna, Rossi langsung menjadi juara pada musim kedua bersama Aprilia. The Doctor berhasil meraih delapan kali juara dari 15 seri balapan. Ia juga bahkan berhasil menjadi juara di Sentul pada 26 September 1997.
250cc
Berhasil menjadi juara di ajang 125cc membuat Aprilia ingin membawa Rossi ke kelas yang lebih tinggi yakni kelas 250 cc. Rossi memang bisa dibilang sebagai pembalap berbakat. Pada musim pertamanya di kelas 250cc, ia sudah berhasil berada di posisi dua di klasemen akhir 250 cc.
Rossi bahkan hanya kalah 23 poin dari pimpinan klasemen, Loris Capirossi. Pada musim pertamanya di kelas 250 cc tersebut ia berhasil meraih empat kali juara grandprix dalam empat seri terakhir musim tersebut.
Sama seperti di kelas 125 cc, tahun kedua adalah periode yang baik untuk Rossi. Pada 1999, ia berhasil menjadi juara dunia 250cc. ia berhasil meninggalkan jauh pesaing-pesaingnya. Pembalap Jepang, Tohru Ukawa yang berada di posisi kedua klasemen hanya mampu meraih 261 poin sementara Vale berhasil meraih 309 poin.

No comments

Powered by Blogger.