Header Ads

Cara Membeli SD Card Menurut Kecepatan,Kelas,Ukuran,Kapasitas

Tips membeli memori card

Ketika Anda memutuskan ingin membeli kartu memori / SD Card sebaiknya pertimbangkan tips berikut ini, karena saaat ini SD Card sangatlah penting Fungsinya sebagai media penyimpan data. Jika data-data yang akan Anda simpan disana sangatlah penting maka jangan ragu untuk memilih kartu memori terbaik, jangan asal murah tapi tidak bermutu dan cepat rusak, jadi yang Anda akan rugi sendiri.
Cara Membeli SD Card Menurut Kecepatan,Kelas,Ukuran,Kapasitas

Kartu memori sekarang sudah digunakan dalam berbagai media termasuk kamera digital, pemutar musik, smartphone, tablet, dan laptop. Tapi tidak semua kartu SD diciptakan sama - ada kelas yang berbeda dari segi kecepatan, ukuran fisik, dan kapasitas untuk dipertimbangkan.

Perangkat yang berbeda membutuhkan berbagai jenis kartu SD. Berikut adalah perbedaan yang harus diingat ketika memilih kartu yang tepat SD untuk perangkat Anda.

Jangan lewatkan tips bermanfaat berikut ini :
Cara Mengembalikan File Terhapus pada Kartu Memori
Cara mengatasi kartu Memory | MICROSD tidak bisa terbaca

Kecepatan

Singkatnya, tidak semua kartu SD menawarkan kecepatan yang sama. Ini penting untuk beberapa tugas bagi sebagian orang. Misalnya, jika Anda seorang fotografer profesional mengambil foto dalam suksesi cepat pada kamera DSLR dan menyimpannya dalam resolusi tinggi dalam format RAW, maka Anda ingin kartu SD yang cepat sehingga kamera Anda dapat menyimpannya secepat mungkin. Sebuah kartu SD cepat juga penting jika Anda ingin merekam video resolusi tinggi dan simpan langsung ke kartu SD.

Jika Anda hanya mengambil beberapa foto pada kamera sekedar hobi atau Anda hanya menggunakan kartu SD untuk menyimpan beberapa file media pada smartphone Anda, kecepatan tidak begitu penting.


Produsen menggunakan "kelas kecepatan" untuk mengukur kecepatan SD kartu. SD Association yang mendefinisikan standar kartu SD tidak benar-benar mendefinisikan kecepatan yang tepat terkait dengan kelas ini, tetapi mereka memberikan pedoman.

Ada empat kelas kecepatan yang berbeda - 10, 8, 4, dan 2.
10 adalah yang tercepat, sedangkan 2 adalah yang paling lambat. Kelas 2 cocok untuk merekam video standar, sedangkan kelas 4 dan 6 yang cocok untuk merekam video resolusi tinggi. Kelas 10 cocok untuk "merekam full HD video ".

Ada juga dua Ultra High Speed ​​(UHS) kelas kecepatan, tapi mereka lebih mahal dan dirancang untuk penggunaan profesional. Kartu UHS dirancang untuk perangkat yang mendukung UHS.

Berikut adalah logo yang terkait, dari paling lambat ke tercepat:


Anda mungkin akan baik-baik saja dengan kelas 4 atau 6 untuk digunakan dalam kamera digital, smartphone, atau tablet. Kelas 10 kartu yang ideal jika Anda menembak video resolusi tinggi atau foto RAW. Kelas 2 kartu yang sedikit lambat.

Kelas kecepatan SD card bisa dikenali pada kartu SD itu sendiri. Anda juga akan melihat kelas kecepatan pada daftar toko online atau pada kemasan kartu saat membeli itu. Sebagai contoh pada foto dibawah ini, kartu SD menengah adalah kecepatan kelas 4, sedangkan dua kartu lainnya adalah kecepatan kelas 6.

Jika Anda melihat ada simbol kelas kecepatan, Anda memiliki kartu kelas 0 SD. Kartu ini dirancang dan diproduksi sebelum kecepatan sistem rating kelas diperkenalkan. Mereka mungkin lebih lambat daripada kartu kelas 2.

tips membeli memori card


Ukuran fisik


tips membeli memori card

Perangkat yang berbeda menggunakan ukuran yang berbeda dari kartu SD. Anda akan menemukan kartu-ukuran standar CD, kartu miniSD, dan kartu microSD.

Kartu SD standar adalah yang terbesar, meskipun mereka masih sangat kecil. Mereka mengukur 32x24x2.1 mm dan berat hanya dua gram. Kebanyakan kamera digital yang dijual saat ini masih menggunakan kartu SD standar. Mereka memiliki standar desain "cut corner" .

kartu miniSD lebih kecil daripada kartu SD standar, ukurannya 21.5x20x1.4 mm dan berat sekitar 0,8 gram. Ini adalah ukuran umum hari ini. kartu miniSD dirancang menjadi sangat kecil untuk ponsel.

kartu microSD adalah ukuran terkecil dari kartu SD, berukuran 15x11x1 mm dan berat hanya 0,25 gram. Kartu ini digunakan di sebagian besar ponsel dan smartphone yang mendukung kartu SD. Mereka juga digunakan di banyak perangkat lain, seperti tablet.

Kartu SD hanya akan masuk ke dalam slot yang sesuai. Anda tidak bisa pasang kartu microSD ke slot kartu SD standar - tidak akan cocok. Namun, Anda dapat membeli adaptor yang memungkinkan Anda untuk plug kartu SD kecil ke dalam bentuk SD card yang lebih besar dan memasukkannya ke dalam slot yang sesuai.

Kapasitas


tips membeli memori card

Seperti USB flash drives, hard drives, solid-state drives dan media penyimpanan lainnya, kartu SD yang berbeda dapat memiliki jumlah yang berbeda dalam kapasitas penyimpanan.

Tetapi perbedaan antara kapasitas kartu SD tidak berhenti di situ. Standard SDSC (SD) cards 1 MB sampai 2 GB , atau mungkin 4 GB dalam ukuran - meskipun 4 GB adalah non-standar. Standar SDHC diciptakan kemudian, dan memungkinkan kartu 2 GB untuk 32 GB dalam ukuran.
SDXC adalah standar yang lebih baru yang memungkinkan kartu 32 GB hingga 2 TB dalam ukuran. Anda akan memerlukan perangkat yang mendukung kartu SDHC atau SDXC untuk menggunakannya.

Pada saat ini, sebagian besar perangkat sudah mendukung SDHC. SDXC adalah baru dan kurang umum.

Ketika membeli kartu SD, Anda perlu memeriksa kelas kecepatan, ukuran, dan kapasitas untuk kebutuhan Anda. Pastikan sebelum membeli periksa dulu ukuran slot pada perangkat Anda,pertimbangkan kecepatan dan kapasitas apa yang sebenarnya Anda butuhkan.

Semoga bermanfaat

No comments

Powered by Blogger.