Header Ads

Rokok Bisa Sebabkan Diabetes


Bagi anda yang suka merokok tahukah anda jika anda sedang membunuh diri anda sendiri, selain sangat buruk untuk kesehatan karena terdapat bahan-bahan berbahaya pada semua jenis rokok, kini penelitian terbaru kembali menemukan fakta buruk dibalik rokok yaitu perorok dikabarkan lebih beresiko untuk terkena diabetes hingga 3X LIPAT . 
Dilansir dari Zeenews, Konsultan Dokter dan Rumah Sakit Diabetologist India, Salome Phelamei menjelaskan, kadar gula darah yang tinggi menyebabkan komplikasi. Penyakit tersebut seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal hingga kerusakan saraf.

"Tembakau dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan resistensi insulin dalam tubuh. Penelitian menunjukkan peningkatan penyakit diabetes tiga kali lipat pada perokok dibandingkan nonperokok," papar Salome.

Merokok merupakan salah satu penyebab munculnya komplikasi diabetes. Hal ini disebabkan oleh efek metabolik dalam tubuh yang membuat kerusakan pada lapisan dalam pembuluh darah.

"Merokok dapat merusak lapisan pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan (deposit) dan pengerasan lemak di arteri (aterosklerosis). Kondisi ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah (vasokonstriksi) dan risiko pembentukan bekuan darah di arteri yang mengarah ke serangan jantung," pungkas dia.

Sumber : SINDONEWS(dot)COM

No comments

Powered by Blogger.