Header Ads

Ciri-Ciri Umum Penyakit Batu Ginjal


Penyakit batu ginjal bukanlah hal asing, Batu ginjal sebenernya adalah potongan-potongan bahan padat yang akan terbentuk karena adanya zat yang secara normal larut dalam urin berubah menjadi berkonsentrasi tinggi. Mayoritas penderita penyakit batu ginjal melanda orang Asia dan Afrika, termasuk Indonesia. Selain itu, yang paling sering diserang penyakit ini adalah kaum pria, dibuktikan dengan survei yang sudah dilakukan bahwa diperkirakan sekitar pria berusia 70 tahun ke atas akan mempunyai resiko terserang penyakit batu ginjal lebih besar daripada wanita.

Banyak orang tidak menyadari adanya gejala batu ginjal. Hal ini terjadi karena batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang sulit dideteksi dini. Ukuran batu ginjal yang sangat kecil membuat penderita tidak akan terasa apa pun dan kemungkinan diketahui pun kecil, kecuali menjalani tes x-ray. Berikut beberapa ciri batu ginjal yang patut Anda waspadai:

1. Nyeri Punggung Bagian Bawah

Jika Anda merasa nyeri di sekitar bagian punggung bagian bawah (di kedua sisi), lalu perut bagian bawah dan daerah selangkangan dan juga di bawah tulang rusuk, Anda wajib waspada, bisa jadi itu adalah tanda batu ginjal. Nyeri yang terasa bisa ringan hingga berat dan datang bergelombang.

2. Mual Dan Muntah

Anda juga perlu waspada jika merasa mual dan ingin muntah karena rasa sakit yang diakibatkan batu ginjal bisa lebih buruk daripada melahirkan. Hal ini terjadi ketika batu ginjal bergerak ke ureter dan menghalangi aliran urin.

3. Darah dalam Urine

Ditemukannya darah dalam urin atau yang biasa disebut hematuria adalah salah satu gejala batu ginjal yang paling umum. Hal ini terjadi karena batu ginjal melewati saluran kemih, kemudian mengiritasi ureter hingga menyebabkan perdarahan.

4. Perubahan Urine lainnya

Urin yang keruh dan mempunyai bau yang sangat tidak sedap bisa menjadi tanda-tanda gejala batu ginjal karena infeksi. Walaupun jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri pada medis karena bisa saja merupakan tanda-tanda infeksi lain seperti infeksi saluran kemih, sistitis, dan penyakit menular seksual.

Demikian pembahasan mengenai ciri-ciri umum batu ginjal, semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.