Header Ads

Ini Dia Penyebab Kencing Bau Menyengat

Ini Dia Penyebab Kencing Bau Menyengat

Ini Dia Penyebab Kencing Bau Menyengat

Ini Dia Penyebab Kencing Bau Menyengat _Bila anda sedang mengalami bau pesing yang tidak seperti biasanya, sebaiknya anda perlu waspada. Karena bisa jadi itu merupakan penyebab karena infeksi saluran kemih," kata dr. Harrina E Rahardjo, SpU, PhD dari Departemen Urologi RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), seperti ditulis Rabu (27/5/2015).

Infeksi saluran kemih, menurut dr. Harrina sering pula dikaitkan dengan penyakit menular seksual. Untuk mengobatinya, bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik. Namun tentunya, butuh pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan diagnosisnya.

Selain karena infeksi, bau menyengat pada urine juga bisa disebabkan oleh faktor makanan. Misalnya setelah makan petai atau jengkol, maka selama beberapa waktu kencing yang dikeluarkan akan mengeluarkan bau menyengat seperti makanan yang dikonsumsi.

Beberapa orang mengatasi bau tak sedap tersebut dengan mengonsumsi Vitamin C atau Vitamin B 12. Menurut dr. Harrina, cara ini mungkin bisa mengurangi bau tetapi tidak mungkin menghilangkannya sama sekali.

Asupan cairan yang tidak cukup atau dehidrasi bisa menurunkan volume urine yang membuat bahan kimia semakin terkonsentrasi. Ketika asupan air berkurang maka terjadi perubahan drastis pada warna (menjadi lebih pekat) dan juga baunya (memiliki bau amonia yang kuat).

Cara paling tepat untuk mengurangi bau kencing, seperti disampaikan dr. Harrina adalah dengan banyak minum air putih. Dengan banyak minum, maka sisa-sisa metabolisme penyebab bau kencing tidak sedap akan menjadi lebih encer, tidak pekat sehingga tidak terlalu berbau.

Minum air putih dalam jumlah banyak juga bisa 'mengurangi' baunya. Kalo menghilangkan rasanya mustahil," kata dr. Harrina.

Sumber : DETIK(dot)COM

No comments

Powered by Blogger.