Header Ads

Penyakit Batu Ginjal Pada Anak

Kali ini saya akan share artikel kesehatan tentang penyakit batu ginjal. Mungkin sebagin besar dari anda sudah mengetahui apa yang di maksud dengan batu ginjal. Jika anda mengalami penyakit batu ginjal anda tidak perlu khawatir, karena anda dapat mengkonsumsi obat herbal Acemaxs yang sudah terbukti dapat menyembuhkan penyakit yang anda alami. Untuk informasi lebih jelasnya, anda bisa melihat penjelasan berikut ini.

Apa itu Batu Ginjal Pada Anak?

 

Penyakit batu ginjal adalah penyakit adanya batu dalam rongga ginjal dengan segala permasalahannya. Batu ginjal terbentuk akibat pengendapan senyawa mineral dan organik. Pengendapan batu ini diakibatkan oleh infeksi pada ginjal atau penggenangan air seni dalam ginjal. Salah satu penggenangan ini dikibatkan oleh tekanan balik ketika kandung kemih juga tersumbat. Beberapa penyebab batu ginjal yang lainnya adalah komplikasi penyakit asam urat, makanan tidak seimbang, atau kurang vitamin dan adanya garam-garam kimia pada air seni seperti fosfat dan urates sebagai dasar terbentuknya batu ginjal.
Seperti yang kita ketahui bahwa Ginjal termasuk organ penting yang memiliki fungsi , yaitu menyaring dan mengeluarkan racun maupun kelebihan mineral dari dalam tubuh melalui urin. Jika fungsi ginjal terganggu akibat peradangan atau karena penyakit batu ginjal maka dengan sendirinya tubuh akan mengalami keracunan. Karena itu, gangguan apapun atau penyakit pada ginjal harus segera diobati.

Gejala Batu Ginjal

1. Nyeri
Gejala utama dari penyakit batu ginjal adalah nyeri yang parah, terutama di punggung atau pinggang.
Hal ini terjadi karena saluran kemih mengalami kekejangan akibat batu menyumbat saluran tersebut. Biasanya penderita akan mulai kram dan berlanjut hingga merasakan nyeri yang sangat parah.
2. Mual dan Muntah
Nyeri sangat parah akibat batu ginja bisa menyebabkan rasa mual bahkan muntah.
3. Darah pada Urin
Terkadang kristal batu ginjal merusak saluran kemih saat melewatinya, sehingga darah mungkin ikut keluar bersama dengan urin.
4. Sering Berkemih
Saluran kemih yang teriritasi membuat penderita merasa ingin berkemih lebih sering.
5. Demam dan Menggigil
Iritasi akemih akibat batu ginjal dapat menimbulkan infeksi. Jika kondisi ini terjadi, maka penderita akan mengalami demam dan menggigil karena kedinginan akibat demam.

Penyebab Batu Ginjal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa batu ginjal adalah batu-batu kecil yang mengkristal yang terbentuk pada saluran kencing. Terbentuknya kristalisasi itu karena kadar urine yang terlalu pekat dan zat-zat yang ada di dalam urine membentuk kristal batu meski banyak hal-hal lain yang dapat menjadi penyebab seperti karena adanya infeksi, obstruksi, kelebihan sekresi hormon paratiroid,meningkatnya peningkatan kadar asam urat, terlalu banyak menkonsumsi vitamin D atau kalsium yang tidak larut dengan sempurna namun penyebab utama pekatnya kadar urine disebabkan karena kurangnya mengkonsusmsi air putih setiap hari, sebelum hal ini terjadi maka terapi air putih perlu menjadai pertimbangan untuk dilakukuan, berikut ini beberapa hal penyebab batu ginjal
  • Kurang minum air putih sehingga jumlah urin yang dikeluarkan sedikit.
  • Sering menahan kencing terlalu lama sehingga urin menjadi pekat.
  • Pekatnya kadar garam dalam urin sehingga berpotensi terjadinya endapan batu dalam saluran kemih.
  • Terlalu banyak zat kimia yang terdapat dalam urin, seperti kapur dan garam oksalat.
  • Kelebihan vitamin D, kadar asam urat, atau terlalu banyak mengonsumsi kalsium yang sepenuhnya tidak larut.

No comments

Powered by Blogger.