Header Ads

Tips Membuat Website Sekolah Menggunakan WordPress

Tips Membuat Website Sekolah Menggunakan WordPress| Bagi para civitas sekolah yang berencana membuat web sekolah, bisa membaca tulisan saya tentang 2 langkah cepat membuat website sekolah. Dimana dalam tulisan tersebut saya merekomendasikan CMS Baitbang dan Formulasi sebaga platform webnya. Tetapi bagi yang ingin mencoba membuat web sekolah menggunakan WordPress (ini yang sering saya lakukan) bisa membaca tips yang ingin saya share dibawah ini. Semua tips tersebut berdasar pengalaman saya ketika membuat website sekolah menggunakan platform WordPress.

Tips membuat website sekolah menggunakan wordpress:
  1. Siapkan pengetahuan tentang WordPress, minimal pengenatahuan dasar seperti proses instalasi, pengelolaan halaman admin, hosting dan domain. Jika belum memiliki pengetahuan dasar tersebut bisa membacanya di ebook "modul panduan membuat website menggunakan wordpress", dalam ebook tersebut dibahas lengkap seluruh pengetahuan wordpress yang dibutuhkan untuk bisa membuat sebuah website dengan mudah.
  2. Segera beli hosting dan domain, instal dan set up wordpress. Cara beli domain-hosting, instal dan set up wordpress bisa baca tulisan ini: cara mudah membuat website menggunakan wordpress.
  3. Gunakan tema / template yang dibuat khusus untuk website sekolahan dengan platfrom wordpress. Untuk template kita bisa membuatnya sendiri menggunakan software Artisteer, atau modifikasi template, atau bisa juga beli template wordpress yang dibuat khusus untuk tampilan web sekolah. Kalau sudah dapat template yang sesuai tinggal instal dan seting saja.
Pada dasarnya membuat website sekolah menggunakan wordpress sama saja ketika kita membuat website lainnya, yang membedakan hanya pada tampilan saja. Soal tampilan juga tidak jauh beda dengan tampilan website untuk profile perusahaan.

Dan untuk tampilan sebenarnya tergantung selera saja, mau yang lazim digunakan web sekolah pada umumnya atau beda sendiri. Itu urusan selera, toh yang lebih penting informasi di dalam website tersebut.

Dimana kita bisa membeli template web sekolah? Cari saja di internet, ada banyak situs yang menjual template wordpress, diantaranya themeforest dan studiopress. Atau yang lokal juga banyak, salah satunya kedaitemplate.

Nah demikian Tips Membuat Website Sekolah Menggunakan WordPress ini mudah-mudahan bermanfaat. Bagi yang ingin belajar sendiri membuat website menggunakan wordpress bisa membeli ebook saya ini: panduan membuat website menggunakan wordpress. Atau bisa juga ikut pelatihan pembuatan website untuk guru (baca infonya). Dan kalau tidak mau ribet dan ambil pusing, bisa menggunakan jasa saya untuk membuatkan website sekolah dan lainnya dengan harga sangat murah (lihat lis harganya).

No comments

Powered by Blogger.