Header Ads

Sekilas Tentang Plugin WordPress (wajib diketahui pengguna WordPress)

Sekilas Tentang Plugin WordPress (wajib diketahui pengguna WordPress)| Rekan Guru yang lagi belajar membuat website menggunakan WordPress saya rasa perlu mengetahui tentang Plugin. Apa itu Plugin? Plugin adalah script yang dibuat untuk menjalankan fungsi khusus yang tidak ada dalam WordPress. Contohnya plugin untuk SEO, keamanan, efek, dan lain sebagainya. Plugin dibuat selain oleh pengembang WordPress juga dibuat oleh para pecinta dan pengguna WordPress lainnya. Siapaun boleh membuat plugin, tentu yang bisa membuat plugin hanyalah mereka yang mengerti programming.

Untuk mendapat plugin-plugin WordPress kita bisa mengunjungi situs http://wordpress.org/extend/plugins/, dalam situs ini ada ribuan plugin. Dan perlu diketahui, bahwa situs tersebut dibuat untuk mengumpulkan plugin-plugin WordPress.

Plugin apa yang "mesti" kita gunakan saat membangun web berbasis WordPress? Setidaknya ada beberapa plugin yang harus digunakan oleh pengguna WordPress ketika pertama kali membangun webnya. Plugin berikut bisa kita download di situs plugin WordPress:
  • Aksimet, plugin ini berfungsi untuk menyaring komentar blog yang dianggap spam. 
  • Contact Form, plugin ini berfungsi untuk membuat form kontak yang bermanfaat bagi komunikasi antara pengunjung dan pemilik web
  • Smart Youtube dan Photodropper, plug ini fungsinya untuk mempermudah saat ingin memindahkan video dari youtube atau gambar ke web
  • All in One SEO on Pack, yang ini fungsinya untuk mengoptimalkan keberadaan posting di mesin pencari
  • Wordpress moblie pack, yang ini fungsinya untuk menampilkan web dalam bentuk moblile
  • Facebook Commen for Wordpress, yang ini fungsinya memberikan fasilitas bagi pengguna Facebook untuk memberikan komentar yang terkoneksi dengan akun Facebooknya. 
  • Bulletproft Security, yang ini jelas fungsinya untuk menjaga keamanan saat ada percobaan  serangan melalui XSS, RFI, CRLF, CSRF, Base64, Code Injection and SQL Injection hacking ke web
  • Theme my login, yang in fungsinya mengubah tampilan form login biar tidak bosan dengan tampilan statis wordpress
  • Login Lockdown, yang ini fungsinya untuk mengunci sistem login
  • Contextutal related post, yang ini fungsinya untuk menampilkan related post 
  • Wordpress stat, yang ini fungsinya untuk menampilkan statistik pengunjung web
Masih banyak lagi plugin-plugin yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan optimasi website kita, untuk itu sering-seringlah bertanya pada para pengguna WordPress lainnya. 

Cara install Plugin
  1. Masuk ke halaman admin / Dashboard web
  2. Cari dan klik menu Plugins
  3. Pilih Add New
  4. Klik Upload
  5. Klik Install Now, tunggu beberapa saat sampai instalasi selesai
  6. Kalau sudah selesai instalasinya, pilih menu Setting
  7. Cari nama Plugin yang baru kita Install
  8. Kalau sudah ketemu silahkan setting sesuai petunjuk penggunaan plugin
Demikian share tulisan Sekilas Tentang Plugin WordPress (wajib diketahui pengguna WordPress) ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk pengetahuan rekan guru yang baru belajar menggunakan WordPress.

Jenis-jenis plugin wordpress yang kita butuhkan lainnya berikut fungsi dan penggunaanya ada dalam ebook saya: Cara mudah membuat Website menggunakan WordPress (silahkan baca cara mendapatkanya!)

No comments

Powered by Blogger.