Header Ads

Ada Banyak Jenis Platform E-Learning, Pilih yang mana?

Ada Banyak Jenis Platform E-Learning, Pilih yang mana? Itu pertanyaanya. Dan jawabanya tergantung pada kenyamanan dan "kebiasaan" kita dalam menggunakan suatu platform E-Learning tersebut. Mudah digunakan alias tidak ribet, memiliki banyak dukungan atau bahasa kerennya "compatibiliy", murah atau kalau bisa gratis, setidaknya tiga alasan tersebut yang menjadi ukuran seseorang ketika memilih sebuah platform E-Learning. Mari kita simak beberapa jenis platform e-learning tersebut!

Paltform E-Learning yang bisa kita coba:
Dan sebenarnya masih banyak platform learning management system (LMS) yang bisa kita temukan dengan mudah di internet. Dan untuk referensi puluhan platform LMS tersebut bisa mengunjungi situsnya capterra dot com, disana bisa kita temukan review berbagai platform LMS.

Kalau yang diatas adalah platform LMS yang untuk menggunakannya kita mesti memiliki pengetahuan tentang instalasi platform, set up, modifikasi, hosting dan domain. Berikut ini adalah platform LMS yang bisa langsung kita gunakan tanpa harus memiliki pengetahuan tadi, cukup registrasi, dan langsung bisa kita gunakan.
Diantara LMS online diatas yang populer adalah Edmodo dan Edu 2.0 kerena mudahnya penggunaan tool didalamnya, tak heran banyaknya rekan guru yang menggunakan situs tersebut untuk membuat kelas online mereka. Baca panduan membuat kelas virtual dengan Edmodo (klik)

Untuk yang lokal, kita juga familiar dengan beberapa situs yang bisa kita gunakan untuk membuat kelas online, diantaranya:
Itulah beberapa Learning Management System yang bisa kit gunakan untuk membangun e-Learning di sekolah masing-masing. Ada Banyak Jenis Platform E-Learning, Pilih yang mana? Mau pake yang self hosted - domain? Atau mau pake yang eazy tinggal register dan klak klik mouse saja? Terserah pada pilihan dan kemampuan anda.

Untuk rekomendasi, ada beberapa tips dari pak Romi Satraia Wahono, beliau pakar IT founder dari brainmatic.com, sebelum menentukan LSM yang akan kita gunakan. Silahkan baca rekomendasinya disini.

Setidaknya da dua point penting dalam tulisan pak Romi tersebut, yang pertama adalah LMS disesuaikan dengan kebutuhan dan business process yang ada di sekolah dan universitas masing-masing. Dan yang kedua, pertimbangkan kebutuhan dan kultur sekolah dan universitas kita, sebelum memutuskan LMS mana yang mau dipakai. Untuk itu uji coba antar platform sangat diperlukan untuk mendapatkan platfom yang sesuai.

Selamat mencoba!

No comments

Powered by Blogger.