Header Ads

Cara Mudah Membuat E-Book Dengan Aplikasi Gratis Calibre E-Book

Cara Mudah Membuat E-Book Dengan Aplikasi Gratis Calibre E-Book
Ingin membuat ebook? Gampang, tinggal menulis saja materi yang akan dijadikan ebook tersebut, lalu gunakan aplikasi gratis untuk mengemasnya. Salah satu aplikasi gratis yang cukup bisa diandalkan untuk membuat kemasan ebook lebih profesional adalah Calibre e-Book. Aplikasi ini satu diantara banyak aplikasi sejenis yang bisa kita download secara gratis di internet. Mau coba?

Selama ini saya belum pernah menggunakan aplikasi apapun untuk membuat ebook, selain do pdf. Yaitu aplikasi yang sebenarnya digunakan untuk melakukan virtual print, tetapi saya manfaatkan untuk konversi type file *.Doc ke *.PDF. Padahal di aplikasi Office sendiri sudah disediakan untuk pekerjaan konversi semacam itu.

Alasan saya tidak menggunakan aplikasi untuk membuat ebook adalah:
  • Saya lebih suka dengan tampilan ebook yang biasa saja
  • Memikirkan pengguna ebook saya yang tidak mau ribet dengan tampilan ebook yang macem-macem
  • Saya lebih memikirkan kontennya daripada tampilan ebooknya
Oke, bagi yang ingin menggunakan aplikasi Calibre e-Book bisa membaca beberapa tulisan saya terlebih dahulu mengenai EBOOK.
Bagaimana Cara Mudah Membuat E-Book Dengan Aplikasi Gratis Calibre E-Book?
  • Download aplikasi Calibre E-Book disini pilih sesuai sistem operasi yang kita gunakan. Calibre E-Book tersedia untuk sistem operasi Windows, OS X, Linux, Portable, dan Windows 64 bit
  • Instal di komputer, kalau tidak mau menginstalnya kita juga bisa menggunakan Calibre E-Book portable
  • Kalau sudah terinstal, silahkan mulai projek anda. Lihat demo cara penggunaanya disini. Atau mau download langsung video tutorialnya silahkan download disini
Ngomong-ngomong soal eBook, yang lebih rumit dari seluruh proses pembuatan ebook adalah penyusunan materinya. eBook kan sama dengan buku, jadi yang diperlukan adalah penguasaan materi dari apa yang mau ditulis menjadi ebook, dan yang kedua tentu keterampilan menyusun kosa kata alias skil menulis. Mampu secara materi tetapi tidak memiliki skil menulis ya sama saja, tidak bakal jadi ebooknya.

Tapi jangan khawatir kawan, saya yakin setiap orang bisa menulis, asal...........diat tidak butah huruf. Selama orang tersebut tau huruf ABCD....Z 123......0 saya yakin orang tersebut mampu menulis. Kalau tidak bisa menulis yang ribet, menulis saja yang sederhana.

Saya mempunyai pengalaman untuk yang ini, yaitu dengan menulis soal-soal dan mengemasnya menjadi kumpulan soal kemudian saya bundel menjadi ebook, terus saya tawarkan di internet. Baca deh ceritanya ....Dari nulis-nulis soal sampai menjual Bank Soal

Selamat mencoba!

No comments

Powered by Blogger.