Header Ads

Yang Tidak Mudah Dari Blogging

Yang Tidak Mudah Dari Blogging
Membuat blog saat ini bukan lagi pekerjaan susah, terlebih untuk blog yang dibuat di akun blog gratisan seperti blogspot dan wordpress. Tinggal daftar akun, seting sesuai kebutuhan, jadi. Lima menit juga jadi kalau akses internetnya bagus. Soal tampilan tinggal menggunakan free template gratisan yang bisa didapat dengan mudah di internet, kalau mau yang lebih profesional tinggal beli, harganya dari 300 ribuan sampai 1 jutaan, blog pun sudah jadi dengan tampilan profesional. Kalau mau lebih profesional lagi tinggal menggunakan jasa pembuat blog profesional harganya relatif, dari mulai 300 ribu sampai 5 jutaan, pakai hosting dan domain sendiri. Mudah kan? Tetapi.........
Tetapi ternyata tidak cukup selesai disitu. Blog perlu dirawat. Salah satunya dengan mengisi konten blog tersebut. Mengisi konten blog bisa dengan tulisan setiap hari, bisa juga mengupload image atau video sesuai topik blog tersebut.

Faktanya banyak sekali blog dengan tampilan profesional, yang ternyata cuma "mejeng" sementara kontennya sangat sedikit, dan tidak update. Sebagaian pembaca sangat tertarik dengan informasi terbaru, karenanya update tulisan menjadi pekerjaan sangat penting bagi pengelola blog.

Yang tidak mudah dari blogging adalah...
Menulis secara berkala untuk memperbaharui konten blog. Konten blog memang tidak melulu diisi dengan tulisan, bisa dengan gambar (photo, karikatur, komik, dst) atau dengan video. Tapi tulisan merupakan hal yang paling mudah dipafahami oleh pembaca, karena lewat tulisanlah si penulis bisa menjelaskan banyak hal tentang fakta yang ia temukan, tentang ide yang ingin ia bagikan, tentang kompetensi atau keahlian yang ingin ia bagikan.

Mengoptimalkan blog. Ada banyak orang membuat blog untuk kesenangan pribadinya, sehiangga ia menulis banyak hal yang ia ingin tulis saja. Tapi ada sedikit orang yang membuat blog untuk tujuan yang lebih besar, misalnya promosi, bisnis, atau branding sehingga lahirlah apa yang disebut blog-blog yang niche membahas atau menampilkan topik-topik yang unik dan tidak mudah dikerjakan orang lain. Inilah hal pertama yang dilakukan untuk optimasi sebuah blog. Selain itu sedikit orang yang mau bekerja keras untuk mengoptimalkan blognya lewat banyak cara, sperti teknik SEO, lewat sosial media, video di youtube, promo ofline lewat workshop atau sekedar kopdar, maupun paket berbayar yang ditawarkan google (seperti Addword dan lainnya).

Menjadikan nge-blog sebagai sebuah hobi. Ini juga yang tidak mudah orang lakukan, kadang ngeblog hanya sebagai gaya-gayaan, ikut trend, maka tidak heran setelah berhasil membuat atau membeli blog tidak beberapa lama kemudian blognya tidak jelas kabarnya dan hanya menjadi tumpukan sampah mesin pencari saja. Berbeda dengan orang-orang yang memang hobi ngeblog, dia akan sangat senang untuk setiap hari menulis di blognya walaupun tulisannya mungkin hanya sekedar. Tapi kenyataanya membiasakan menulis setiap hari berdampak bagus pada kemampuan menulis, lebih peka dan mudah dalam mengangkat sebuah topik kedalam tulisan dan seterusnya.

Mau belajar dari orang lain. Ini juga yang tidak  mudah dilakukan, kadang orang terlalu malas untuk belajar blog dari orang lain karena menganggap ngeblog itu mudah. Berbeda dengan orang yang mau belajar pada orang lain yang lebih lama mengenal blog, dia akan mendapat banyak pengalaman dari orang lain yang tidak pernah ia alami seputar blogging. Belajar pada orang lain tersebut bukan berarti harus ketemu dalam kelas atau ruang workshop, tapi bisa lewat banyak cara, seperti via email, forum, atau diskusi online seperti yang sering diberikan Google lewat webbinarnya.

Dan masih banyak hal lainnya yang tidak mudah dari blogging ini, dan karena tidak mudah maka akan sangat menyenangkan jika kita terus mencari tahunya dan mulai menekuni aktivitas blogging ini lebih serius.

-MulyadiTenjo-

No comments

Powered by Blogger.