Header Ads

NgeBlog Tanpa Konsep

NgeBlog Tanpa Konsep
Belakangan aktivitas ngeblog saya sepertinya tidak terkonsep, benar-benar cuma mengikuti hasrat ngeblog saja. Akhirnya setelah mencermati beberapa tulisan saya, kebanyak hanya menulis lepas sesuka hati saja, tanpa tujuan yang jelas. Memang sih kalau ngeblog itu enaknya suka-suka saja, soal menarik apa tidak tulisan yang kita posting itu bukan sesuatu yang "urgen". Tapi lantaran saya butuh gajian dari aktivitas ngeblog saya, tentu kegiatan blogging saya harus terkonsep dengan baik agar saya mendapatkan "bonus" baik dari penjualan produk maupun dari program periklanan yang saya ikuti.

Konsep ngeblog saya
Sebagai blogger yang masih harus bersusah payah untukmendapatkan bonus dari kegiatan blogginya tentu saya harus pandai-pandai membuat konsep blogging saya.

Biasanya saya membagi waktu ngeblog saya, untuk ngeblog "have fun", untuk ngeblog edukasi (karena saya mengajar di sekolah jadi harus ada jejak edukasinya dari aktivitas blogging saya), untuk ngeblog monetize.

Jadi saya membagi waktu kapan saya menulis untuk suka-suka saja, kapan saya menulis tutorial atau hal-hal yang berbau pendidikan, dan kapan saya menulis untuk kegiatan bisnis internet saya. Dan kapan pula saya harus membuat blog-blog baru untuk ladang PPC dan monetize. Begitu!

Kesalahan yang sebenarnya bukan kesalahan
Minggu-minggu ini saya lebih banyak melakukan kegiatan berinternet "gak mutu". Buka situs ini, buka situs itu. Nyari info ini dan itu. Akhirnya waktu terbuang begitu saja. Kesalahan lainnya saya terlalu asyik posting tulisan-tulisan yang tidak membidik apapun. Entah membidik kata kunci, apalagi membidik trafik dan pembeli.

Menulis apapun sebenarnya bukanlah kesalahan dalam blogging, karena prinsip blogging kan menulis apa saja yang ingin kita tulis. Tapi lebih baik lagi kalau menulis itu ada tujuanya dan elas manfaatnya (baik untuk diri kita lebih-lebih untuk orang yang membacanya).

Ini mesti segera diinsyafi...







No comments

Powered by Blogger.