Header Ads

Tips Mendapatkan Penghasilan Melalui Blog Gratisan

Tips Mendapatkan Penghasilan Melalui Blog Gratisan 
Mendapatkan penghasilan melalui blog selalu menjadi impian banyak orang, terutama yang baru belajar bisnis online. Dan siapa bilang untuk mendapatkan penghasilan tersebut harus bermodal besar dengan menggunakan website profesional. Dengan blog gratisan semacam wordpress atau blogspot pun bisa. Ini sudah saya lakukan, jadi tulisan ini empiris bukan hasil jiplak dari tulisan para netter profesional yang diposting di blog-blog pribadinya. Bagi yang tertarik, silahkan lanjutkan membaca tips-tips berikut ini! Tips ini hanya untuk pemula!

Saya menggunakan dua platform blog gratisan, wordpress dan blogspot. Keduanya memiliki fitur yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tetapi keduanya tetap bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan.

Hal-hal yang perlu diketahui dari wordpress dan blogspot terkait cara menggunakan kedua platform blog tersebut untuk mendapatkan penghasilan di internet:
  • Untuk Wordpress (Wordpress.Com) tidak bisa digunakan untuk kegiatan make money, dan apabila ketahuan blog yang kita buat digunakan untuk mencari penghasilan maka siap-siap kena penalti. Saya sudah 2 kali kena peringatan dari wordpress. Sebab platform wordpress.com dibuat untuk share informasi, pendidikan dan kegiatan berbagi lainnya diluar kegiatan monetize. Tapi tetap saja kita bisa menggunakannya untuk media mendapatkan penghasilan, asal dengan cara yang bijak, artinya tidak terlalu over memasang promo disana sini, atau terus menerus posting soal promosi.

    Monetize yang tidak bisa dilakukan di wordpress.com antara lain:
    -Program periklanan Google Adsense dan sejenisnya
    -Program afiliasi atau sejenisnya

  • Berbeda dengan Wordpress.Com, Blogspot lebih memberi keleluasaan bagi para penggunanya untuk memonetize blognya. Semua kegiatan dan program make money bisa diterapkan di blogspot. 
Tips Mendapatkan Penghasilan Melalui Blog Gratisan >> Jenis kagiatan penghasil uang.
  • Untuk blog yang dibuat menggunakan Wordpress, bisa melakukan jenis kegiatan jual beli produk. Produk tersebut bisa barang jadi atau digital. Saya sendiri menjual produk digital, walaupun pernah juga menjual barang jadi. Menjual ebook atau buku atau jasa kreatif (jasa membuatkan blog, website, mengetik, membuat naskah daln lainnya) paling sering dilakukan disini. Tapi perlu diperhatikan, jangan terlalu vulgar / over dalam melakukan promosi. Tipsnya:
    - Lebih baik menjual jenis produk digital
    - Promo dilakukan sesekali saja, perbanyak posting artikel yang berkait dengan produk

  • Untuk blog yang dibuat di blogspot, ini lebih mudah. Bisa menggunakan program periklanan, jadi publisher untuk Google Adsense, Chitika, dan lainnya. Bisa pula menjual produk afiliasi, atau ebook buatan sendiri. Bisa pula menjual barang jadi dalam blog toko online. 
Yang perlu diperhatikan dalam usaha mencari penghasilan melalui blog gratisan ini adalah:
  • Produk yang dijual. Apakah berguna bagi orang banyak atau tidak? Semakin berguna, maka semakin tinggi kesempatan untuk mendapatkan pembeli. Satu lagi, berapa banyak orang yang menjual produk yang kita jual. Semakin sedikit, maka semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan pembeli.
  • Trafik pengunjung. Semakin tinggi trafik pengunjung, maka semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan pembeli. Terlebih untuk program periklanan, karena yang dihitung biasanya impress pengunjung. Semakin tinggi trafik, semakin besar pula digit dolar yang bisa diperoleh.
  • Buat pengunjung percaya sama anda. Semakin pengunjung percaya dengan kita, maka semakin besar kemungkinan mereka membeli produk yang kita tawarkan. Untuk membuat pengunjung percaya, buatlah posting-posting yang menggambarkan keprofesionalan kita dibidang yang kita tawarkan melalui produk.
  • Jangan kecewakan pembeli/konsumen. Jangan sekalipun mengecewakan pembeli produk anda. Entah dengan ketidak profesionalan kita dalam melayani calon pembeli atau lainnya seputar kualitas produk.
Demikian beberapa Tips Mendapatkan Penghasilan Melalui Blog Gratisan ini, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menginsfirasi para netter pemula yang tertarik untuk menekuni bisnis online menggunakan blog gratisan. Tips-tips lainnya bisa dibaca pada artikel terkait dibawah posting ini. Selamat mencoba!

Salam kangen

Mulyadi Tenjo

      No comments

      Powered by Blogger.