Header Ads

Muhammad Lelaki Penggenggam Hujan - Tasaro GK

Judul : Muhammad Lelaki Penggenggam Hujan
Penulis : Tasaro GK
Bahasa : Indonesia
Jumlah halaman : 577
Format : pdf
File size : 2,18 MB


Peresensi: Siti Nursari Ismarini
Buku ini merupakan terobosan baru dari kisah Baginda Besar Rasulullah saw. Biasanya, kita membaca kisah Muhammad saw melalui sirah nabawiyah yang lebih seperti tulisan ‘karya tulis’. Melalui buku ini, kita tidak hanya sekedar membaca, tapi juga diajak untuk menjelajahi dan merasakan dunia pada saat abad ke-6 Masehi dengan latar belakang Timur Tengah, Persia, dan Tibet.

Di buku ini terdapat dua kisah dengan latar waktu yang sama. Pertama, adalah kisah mengenai kehidupan Nabi Muhammad saw beserta para sahabat, dimulai sejak nabi mendapat risalahnya di usia 40 tahun, sampai dengan penaklukan Mekkah. Cerita tentang Rasulullah ini, ditunjukkan dengansudut pandang orang kedua dan ketiga, dengan alur waktu maju-mundur. Dialog-dialog seperti yang terdapat pada hadits riwayat pun ditampilkan dengan menawan. Tasaro berhasil menggambarkan secara deskriptif dan alur cerita yang naratif.

Selain kisah perjalanan hidup Rasulullah saw, Tasaro juga menceritakan kisah seorang pemuda yang dijuluki Pemindai Surga yang hidup pada rentang waktu yang sama dengan Rasulullah, namun berada di Kerajaan Persia. Pemuda itu bernama Kashva. Ia melakukan perjalanan untuk menelusuri tentang ramalan dari kitab suci beragam agama tentang kelahiran seorang nabi akhir zaman yang akan mengalahkan segala bentuk keingkaran dan membawa kedamaian di muka bumi, ia menjuluki lelaki itu Lelaki Penggeggam Hujan.

Novel historis ini berhasil membuat para pembaca (terutama saya) untuk lebih mudah memahami dan menghapal sejarah hidup Rasulullah. Juga, membayangkan betapa megah dan indahnya kehidupan pada saat Rasulullah menyebarkan Islam.

Hikmah lain yang saya tangkap adalah ternyata kehidupan zaman empat belas abad lampau tidak jauh berbeda dengan masa saat ini. Dan rasanya, terulang kembali permasalahan-permasalahan yang ada di zaman lampau dengan sekarang, seperti kekuasaan yang disalahgunakan, angkuhnya para orang-orang kaya, jauhnya para penguasa dari nilai-nilai agama, ketidakpercayaan pada satu tuhan dan mendewakan banyak tuhan, hanya segelintir orang saja yang benar-benar menghafal dan mempelajari kitab suci.

Tentunya ini menjadi refleksi diri bagi manusia yang hidup di zaman ini, apabila semua sudah berpegang teguh, kembali kepada ajaran Al Quran dan As Sunnah, maka kebangkitan Islam yang indah dan adil akan kembali terwujud, seperti saat para pemeluk Islam benar-benar mengamalkan ajaran yang dibawa Rasulullah saw ini.
“Dan tiadalah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”. (QS Al Anbiya: 107)
 
Download eBook Gratis Muhammad Lelaki Penggenggam Hujan - Tasaro GK  [Click Here]

No comments

Powered by Blogger.