Header Ads

Tujuh Pengetahuan Penting Memulai Bisnis Internet Untuk Guru

Dalam posting kali ini saya akan berbagi 7 point yang berisi pengetahuan penting tentang bisnis nternet, tujuh pengetahuan tersebut bisa dijadikan referensi berharga sebelum rekan guru memulai bisnis internet, ini penting agar bisnis internet yang dijalani tidak salah kaprah.


Tujuh Pengetahuan Penting Memulai Bisnis Internet Untuk Guru|Bisnis internet memang bukan sesuatu yang baru, saat ini jika rekan guru searching dengan kata kunci "bisnis internet" atau "bisnis online" maka ada banyak sekali link informasi yang memberikan referensi ataupun iklan-iklan spektakuler yang menawarkan peluang mendapatkan penghasilan melalui bisnis internet. Dan saking banyaknya link yang kebanyakan cuma promosi produk bisnis online kadang kita jadi kebingungan, apalagi setelah membaca deskripsi promosi yang bombastis, misalnya saja cara cepat kaya dari internet, mendapatkan 4 juta sehari tanpa kerja, pasive income, dan seterusnya. Lalu?

Saya pernah menganggap semua itu hanya omong kosong dan bisa-bisa itu cuma penipuan. Makanya sampai saat ini saya belum pernah membeli produk bisnis online manapun. Walau saya tahu, tidak mencobanya berarti tidak akan pernah mengetahuinya. Tapi biarlah... dan tanpa membeli produk bombastis tersebut saya tetap berpikir positif tentang bisnis internet hingga saya perlahan tapi pasti menekuninya dan alhamdulillah...

Alhamdulillah saya sudah bisa mendapatkan penghasilan dari aktivitas "menulis blog" "berjualan melalui blog" dan lainnya. Tentu semua yang saya lakukan adalah kerja nyata, bukan tanpa bekerja. Dan apa yang saya peroleh bukan lantaran saya mengajak orang lain untuk ikut arisan dengan model bisnis online apalagi menjual mimpi melalui ebook bisnis online yang bombastis.

Yang ingin saya bagi saat ini kepada rekan guru semuanya:
  • Pengetahuan tentang bisnis internet. Ini agar rekan guru tidak terperangkap oleh banyaknya iklan yang bombastis yang pada akhirnya bisa merugikan.
  • Pengetahuan tentang menjalankan bisnis internet tanpa mengganggu jam mengajar. Ini juga penting, sebab mengajar adalah tugas utama dan bagian dari ibadah kita yang tidak boleh dikesampingkan lantaran semangat memulai bisnis dan target mendapatkan penghasilan.
  • Pengetahuan tentang modal dan peralatan yang harus disiapkan untuk memulai bisnis internet (pemula). Pengetahuan ini berguna untuk estimasi biaya, supaya rekan guru bisa mengukur cost dan merencanakannya. Agar modal yang digunakan benar-benar disiapkan bukan lantaran meminjam (hehe).
  • Model bisnis internet yang cocok untuk guru. Ini penting, dengan mengetahui bisnis internet yang cocok dengan profesi dan skill yang kita miliki nantinya bisnis akan dijalankan dengan enjoy.
  • Pengetahuan tentang cara menjual (promosi). Ini sangat penting, ketika rencana sudah matang, bisnis sudah di launching maka pada akhirnya kita harus berteriak seperti kaki lima untuk menjajakan produk, kalau tidak begini tentu siapa yang mau menengok dan membeli produk kita. Tapi cara promosi yang kita lakukan tentu dilakukan secara online.
  • Pengetahuan mengatur keuangan dari bisnis internet. Ini penting, dan saya ingin berbagi pengalaman kesulitan mengelola keuangan saja. Sebab untuk hal ini saya juga kurang bisa melakukannya.
  • Pengetahuan tentang, apakah bisnis internet itu halal atau haram? Ini spesial buat syiar saya dengan sesama muslim lainnya yang tertarik dengan bisnis internet dan tidak mengkesampingkan syariat agama.
Tujuh point diatas, saya pikir akan memberi pencerahan bagi rekan guru seputar bisnis internet. Sehingga pada akhirnya rekan guru bisa menentukan apakah mau memulai bisnis internet atau tidak?

Tentang bisnis internet #
Aktivitas apapun yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan, entah itu jual produk (apapun produknya), jadi penayang iklan (publisher), ikut afiliasi, jadi preelance, MLM online dan lainnya maka itu syah disebut bisnis internet.

Persoalannya di internet ada ratusan ribu link yang merekomendasikan bisnis internet, bahkan menawarkan baik secara terang-terangan maupun terselubung.  Deskripsi dan testimoni yang disajikan "renyah" bisa memaksa kita untuk percaya hingga akhirnya mengisi form order dan jadilah membeli produk bisnis online. Disinilah perlunya kehati-hatian agar kita tidak salah pilih. Untuk itu jangan mudah tergiur dengan promosi yang menarik, apalagi bombastis yang seakan-akan mendapatkan uang dari internet itu sangat mudah. Percayalah bahwa untuk mendapatkan sesuatu itu tidak mudah dan perlu kerja keras.

Macam-macam bisnis internet:
Untuk menerangakn macam-macam bisnis online, saya mengambil referensi dari websitenya anneahira.com. Bahwa macam jenis bisnis online terbagi dua yaiti bisnis online produk digital, dan non digital. Produk digital contohnya segala bentuk produk yang bisa disimpan dalam bentuk file komputer. Bisa sistem script, audio, video, software atau yang paling mudah adalah ebook. Sedangkan produk non digital, adalah produk yang bisa terlihat secara fisik seperti mobil, kursi, buku cetak, cabe, bawang dan lainnya. Semua produk tadi bisa dijual di internet.

Keuntungan dari bisnis internet
Bisnis melalui internet merupakan bisnis dengan lahan yang tak terbatas, pasarnya luas, bahkan global. Tetapi tetap pada target tertentu kita juga bisa menargetkan dimana fokus produk kita akan dipromosikan, misalnya dengan menggunakan Addword dan sistem lainnya. Selain lahan dan pasar yang tak terbatas, cakupan promosinya juga luas. Kalau dalam bisnis konvensional waktu untuk melakukan promosi paling 4-8 jam sehari, tapi kalau bisnis online 24 jam, itu artinya non stop, tentu selagi ada komputer dan jaringan internetnya.

Kelemahan bisnis online, atau bisnis internet
Dalam menjalankan bisnis, tentu ada kekuatan dan kelemahan. Diatas sudah diceritakan mengenai kekuatan bisnis internet, mulai dari macam dan keuntungan. Sekarang kita harus ketahui bahwa bisnis internet juga memiliki banyak kelemahan. Agar saya tidak dibilang sok tahu, maka saya mengutip tulisan rekan blogger lainnya. Beberapa kelemahan dari bisnis internet diantaranya:
  1. Anda harus mengetahui hal-hal teknis. Minimal bisa komputer (min. paket office word) dan internet (browsing, download, dst). Jika tidak memiliki pengetahuan ini maka anda tidak bisa menjalankan bisnis internet, kecuali mendelegasikannya pada orang lain.
  2. Mengetahui produk yang bisa dijual dan laris di internet. Untuk hal ini perlu belajar pada senior, dan tidak bisa dilakukan secara instan. Perlu pengalaman, dan itu memerlukan yang tidak sebentar.
  3. Mengetahui cara promosi dan strategi menjual secara online. Ini juga tidak bisa dilakukan secara instan, perlu pengalaman, dan pengetahuan yang terus diperbaharui.
  4. Perlu modal yang lumayan jika anda mau serius di bisnis internet. Setidaknya anda harus menyiapkan perangkat komputer, koneksi internet, pembuatan website, dan kebutuhan promosi lainnya.
Setidaknya 4 point tadi menjadi titik kelemahan dari bisnis online/internet.

Pengetahuan tentang menjalankan bisnis internet tanpa mengganggu jam mengajar #

Fokus tulisan ini khusus buat guru yang memang berminat untuk melakukan bisnis melalui internet, agar rekan guru bisa berbisnis tetapi tidak melupakan kewajuban utamanya sebagai pendidik, artinya ketika mengajar ya fokus sebagai pengajar, jangan ganggu jam mengajar lantaran ingin mendapatkan gaji lebih dari bisnis internet, kecuali anda mau menentukan untuk fokus saja sebagai onliner (sebutan pebisnis online/internet).
  1. Lakukan aktivitas bisnis internet di rumah. Jangan sekali-kali melakukan aktivitas bisnis internet di sekolahan, kecuali rekan guru punya waktu jeda yang benar-benar tidak menggangu aktivitas mengajar itupun jika bisnis yang dijalankan sudah berjalan baik. Misalnya hanya untuk proses transaksi saja, jadi tidak menyita banyak waktu, yang seperti itu bisa dilakukan di sekolahan.
  2. Janji pada diri sendiri bahwa ketika disekolahan adalah waktu untuk mengajar bukan untuk yang lainnya. Maka buatlah jadwal aktivitas mengajar yang akan dilakukan setiap harinya, sehingga tidak ada waktu luang yang memungkinkan anda untuk membuka laptop dan menjalankan aktivitas bisnis internet.
  3. Profesionalitas, itu kunci terakhir yang membatasi aktivitas lainnya ketika kita berada dilingkungan sekolah.
Pengetahuan tentang modal dan peralatan yang harus disiapkan untuk memulai bisnis internet (pemula) #

Mengetahui modal dan peralatan apa saja yang harus disiapkan merupakan bagian penting yang harus diketahui, jika kita memang serius ingin melakukan bisnis online.

Untuk pembahasan ini saya teringat tulisan cosa aranda, beliau adalah salah satu onliner sukses indonesia. Untuk pemula bisa memperhatikan ini:
  1. Laptop/Notebook/PC. Tidak perlu yang spesifikasi wah, cukup yang standar aja. Dan harga pasaran untuk laptop/notebook/PC dengan spesifikasi standar berada dikisaran 3 jutaan. Ini bisa disiasati dengan membeli yang bekas pakai (second). 
  2. Koneksi internet. Untuk ini kita bisa memasang jaringan internet rumahan menggunakan ADSL. Tapi saat ini kita bisa menggunakan USB Modem yang harganya belakangan sudah sangat murah sekitar tigaratusan. Kalau mau yang bekas pakai bisa setengahnya. 
  3. Biaya pulsa internet. Untuk pemula bisa menggunakan paket unlimited yang harganya 100 ribuan perbulan, memang sedikit lelet tapi lumayan untuk sekedar promosi dan membangun blog.
  4. Biaya membuat website. Ini dilakukan jika kita ingin membuat website profesional berbayar. Emang ada ya yang profesional tapi gratisan? Untuk pemula saya sarankan manfaatkan saja akun blog gratisan seperti blogspot atau wordpress.com, kalau sudah mapan baru beralih ke yang pro. Untuk blog gratisan nyaris tidak ada biaya yang harus dikeluarkan, itu kalau bisa membuat sendiri. Biar terlihat lebih profesional, beli namadomain sendiri. Harganya sekitar 95 ribuan pertahun.
  5. Buat aku Bank. Biaya untuk membuat akun bank sekitar 300 ribuan, tapi tergantung Bank nya. 
Hitung berapa coba uang yang harus anda siapkan? Ya sekitar 3 juta lebih. Mahal ya? Tidak. Karena saya yakin rekan-rekan guru saat ini sudah punya laptop sendiri, modem, rekning Bank dan sudah pada pinter untuk membuat blog sendiri. Kalau yang belum? Hhmm siapkan sejumlah itu.

 Model bisnis internet yang cocok untuk guru #

Tidak semua model bisnis internet cocok untuk guru. Kenapa? Karena profesi kadang mempengaruhi. Tulisan ini saya asumsikan untuk rekan guru yang ingin memulai bisnis internet tanpa harus mengganggu profesinya sebagai guru.

Ada dua model bisnis internet saat ini yang bisa dilakukan pemula dan pemodal kecil. Yaitu internet marketing, dan monetizing blog atau situs. Kalau yang punya modal banyak dan mengerti IT bisa membangun startup.

Internet marketing, yaitu kegiatan menjual atau mempromosikan suatu produk. Produk tersebut bisa milik kita sendiri atau punya orang lain. Kalau milik sendiri berarti keuntungan 100% masuk ke rekning kita. Kalau punya orang lain berarti kita cuma mendapat komisi, persentasenya ditentukan pemilik produk, ini akrab disebut reseller atau referer.

Monetizing blog atau situs,yaitu kegiatan membuat blog atau situs menjadi ladang uang. Pemilik situs atau blog biasanya menjadi penayang iklan (publisher) dari program periklanan, atau mereview produk dan lainnya. Penyedia program periklanan yang populer adalah Google Adsense. Selain Google Adsense, masih ada Chitika, KlikSaya dan banyak lagi. Nantinya pemilik blog akan mendapatkan komisi dari klik iklan, besarannya tergantung penyedia program periklanan masing-masing.

Sekarang tinggal memilih, model bisnis internet mana yang mau dicoba?
Untuk pemula mungkin pilihan kedua yang lebih memungkinkan. Tinggal buat blog, isi konten, dan ikut program periklanan, dan tunggu hasilnya. Tentu rekan guru harus berusaha melonjakan trafik pengunjung, agar komisi dari iklan yang ditayangkan juga lumayan.

Tapi kalau rekan guru punya skill yang bisa menjadi sebuah produk, pilihan pertama lebih menguntungkan. Untuk itu, kemampuan melihat potensi diri, dan kemampuan menciptakan produk menjadi hal yang paling penting. Untuk rekan guru, saya sarankan untuk membuat produk digital saja. Misalnya saja ebook pembelajaran, ebook panduan akademik, ebook kita sukses PTK, dan sebagainya.

Pengetahuan tentang cara menjual (promosi)

Pengetahuan tentang cara menjual (promosi) merupakan lanjutan dari kemampuan memilih dan membuat produk. Apa jadinya kalau kita sudah membuat produk tapi tidak tahu kepada siapa produk tersebut akan dijual? Maka kita harus tahu jenis produk yang kita buat, siap calon pembelinya, cara memasarkannya seperti apa? Semuanya harus relevan.

Misalnya kalau membuat ebook pembelajaran, maka calon pembelinya adalah orang-orang yang diprediksi berada dalam dunia pendidikan (bisa guru,siswa,orangtua siswa), berapa pasarnya (seberapa banyak orang yang membutuhkan produk yang kita buat tersebut), bagaimana cara memasarkannya? Apakah lewat jejaring sosial, blog pribadi, toko online gratisan, dan sebagainya.

Baca posting tentang tips membuat dan menjual ebook, sebagai contoh kasus.

Pengetahuan tentang cara menjual ini memang memerlukan dedikasi yang tinggi, jam terbang dan pengalaman akan sangat membantu.

Pengetahuan mengatur keuangan dari bisnis internet #

Kemampuan mengatur keuangan memang tidak mudah. Apalagi ketika bisnis sudah on fair, transaksi terjadi setiap hari, dan antrian nominal di rekening sudah berderet. Biasanya godaan untuk menggunakan uang sangat tinggi, ingin beli ini, beli itu. Sehingga pada akhirnya uang yang diperoleh dari bisnis internet yang dibangun dengan susah payah malah tidak bermanfaat.

Mengatur waktu pengambilan uang dari Bank. Kadang kebutuhan pribadi yang tak tertolong oleh honor mengajar menjadikan keinginan untuk mencairkan uang begitu mudah. Mengatur jadwal pengambilan adalah pilihan bijak. Misalnya uang diambil per 2 minggu sekali, atua per satu bulan.

Buat beberapa akun Bank. Ini penting agar lalu lintas uang terkontrol. Misalnya satu akun hanya untuk transaksi, ini fungsinya untuk transit saja, transit uang dari pembeli sebelum dimutasi ke rekening lain. Rekening lainnya dibuat untuk keperluan modal bisnis internet, dan yang lainnya untuk tabungan pribadi, untuk biaya rumah tangga dan seterusnya.

Pengetahuan tentang, apakah bisnis internet itu halal atau haram? #

Saya mengutip situs konsultasisyariah.com dalam satu postingnya membahas halal-haram bisnis online. Dari artikel tersebut bahwa halal - harmannya bisnis onlinte tergantung dari :
  1. Produk yang kita jual adalah produk halal
  2. Kejelasan status penjual (kita). 
  3. Kejujuran
Jika produk yang kita jual adalah halal, maka halal pula bisnis internet yang kita lakukan tersebut. Tetapi kalau ternyata produk yang kita jual adalah produk haram maka haram pula kegiatan bisnis yang kita lakukan lewat internet tersebut.

Kategori produk haram bisa dilihat dari jenis produknya, cara membuatnya, darimana asalnya, fungsinya dan seterusnya. Sekalipun ebook termasuk jenis barang yang halal, tetapi kalau diperoleh dari hasil membajak karya orang maka statusnya adalah haram.

Kejelasan status. Apakah produk yang kita jual merupakan produk sendiri, atau produk orang lain. Jika sebagai pemilik, maka tidak ada halangan untuk menjualnya baik secara offline atau online. Berbeda jika produk yang kita jual adalah produk orang lan, kita cuma mempromosikannya dan mendapat rabat dari komisi penjualan. Maka harus ada kesepakatan, bahwa sketika transaksi si pembeli sudah langsung mentransfer sejumlah harga produk, ini namanya akad salam. Baca detailnya disitus yang menjadi referensi tulisan ini.

Kejujuran. Kalau tidak jujur sudah jelas perniagaan kita itu haram hukumnya. Untuk itu kita harus jujur, tentang semua hal dari produk kita. Jangan menutup-nutupi atau melebih-lebihkan hanya karena takut si calon pembeli tidak jadi membeli.

Demikian  Tujuh Pengetahuan Penting Memulai Bisnis Internet Untuk Guru ini mudah-mudahan dapat memberi insfirasi, motivasi, dan informasi yang berharga bagi rekan guru yang tertarik dan mau mencoba bisnis internet.



No comments

Powered by Blogger.