Header Ads

Mendapat Jutaan Rupiah Dari Menjual Photokopian Melalui Blog Gratisan

Mendapat Jutaan Rupiah Dari Menjual Photokopian Melalui Blog Gratisan|Kemarin saya iseng jalan-jalan ke blognya mas joko, niatnya mau mencari insfirasi menulis sekalian mencari sesuatu yang belum pernah saya baca. Dari sana saya menemukan banyak tulisan menarik seputar blogging, tepatnya kisah sukses seseorang melalui kegiatan ngeblognya. Dan satu kisah menarik, seorang blogger yang bisa mendapat jutaa rupiah dari hasil menjual buku photokopian melalui blog gratisan wordpress. Ini sangat menarik dan bisa menambah motivasi terutama bagi rekan guru yang ingin mencoba bisnis kreatif melalui internet, kenapa? Karena orang yang saya ceritakan ini adalah seorang guru juga. Begini kisah menariknya....

Beliau (orang sukses yang ingin saya ceritakan) menjual buku-buku bahasa arab yang ia tulis sendiri (tepatnya bukan hasil jiplakan) karena beliau memang memiliki kompetensi dibidang tersebut. Kemudian buku yang ia tulis tersebut dicetak / diperbanyak menggunakan potokopian dikemas menyerupai buku diktat. Melalui blognya ia promosikan buku-buku tersebut, dan hasilnya ternyata luar biasa. Beliau bisa mendapatkan jutaan rupiah dari hasil menjual buku potokopian tersebut.

Pelajaran menariknya adalah bagaimana pasar internet itu luar biasa, yang kedua adalah bentuk kreatifitas yang dikemas menjadi sebuah produk jual yang bermanfaat bagi orang lain dan itu ternyata dibutuhkan orang lain. Dan lanataran dibutuhkan maka dengan sendirinya ada ruang pasar yang bisa menjadi tempat distribusi produk tadi, dan ini menjadi ladang menarik karena bisa menghasilkan nominal luar biasa.

Cerita ini bisa menjadi motivasi bagi saya khususnya, dan bagi rekan-rekan lainya yang tertarik menciptakan peluang melalui pasar internet.

Apa yang bisa saya pelajari dari cerita tadi:
  1. Memanfaatkan internet dengan baik. Internet dijadikan media untuk menciptakan peluang baru, menciptakan transaksi dan penjualan. Ada banyak orang yang tahu dan setiap hari berselancar di internet, tetapi aktivitas mereka tidak karu-karuan. Sekedar browsing sana-sini mencari sesuatu yang tidak jelas untuk apa, sehingga aktivitasnya cuma membuang banyak waktu saja.
  2. Memanfaatkan blog gratisan dengan maksimal. Dengan akun blog gratisan wordpress yang sebenarnya jarang sekali para blogger menggunakannya untuk tujuan make money karena platform wordpress yang tidak ramah script tetapi dengan produk sendiri (bukan menjadi penayang iklan google) platform ternyata bisa menjadi kios online yang menghasilkan. Dan ada banyak orang yang bisa membuat blog tetapi mereka tidak tahu untuk apa blog tersebut, sehingga blog yang dibuat tidak berarti apa-apa.
  3. Membuat produk sendiri. Ini dia bentuk kreatifitas yang -memang-membutuhkan pengetahuan dan skill tersendiri, tetapi bukan cuma itu yang lebih penting adalah bagaimana kita mau membuat sebuha produk, apapun itu. Toh kalau produk tersebut bermanfaat pasti ada pasarnya. Saya yakin ada banyak orang yang bisa menulis, menguasai kompetensi tertentu, tetapi mereka malas atau tidak tahu mau diapakan kompetensinya tersebut. Atau ada yang malas memulai mengetikan kata per kata hingga membentuk puluhan halaman yang bermanfaat bagi orang lain. 
  4. Mau promosi dan menjual. Ini juga pekerjaan kreatif yang memerlukan semangat dan kemauan. Ada orang yang sudah mempunyai produk tetapi mereka malas mempromosikannya, malas menjualnya karena takut tidak laku taku ditertawakan teman dan ketakutan lainya sehingga produknya cuma jadi bahan koleksi tak berarti.
  5. Mau bekerja keras. Sepertihalnya menjual dalam pasar konvensional, kerja keraslah yang menentukah hasil akhir. Begitulah-juga-pasar internet. Ketika pertamakali memajang produk di blog kita, apakah langsung ada yang membelinya? Tentu tidak, apalagi blog kita adalah blog gratisan dengan tampilan dan konten yang tidak mendatangkan trafik banyak. Pasti sangat susah mendapatkan pembeli pertama, orang harus percaya dulu dengan produk kita, mereka tidak mau tertipu tentunya. Inilah kerjakerasnya, bagaimana kita harus sekuat tenaga membuat orang lain percaya dengan produk kita dan yakin apa yang kita promosikan bukanlah sebuah penipuan. Dan masih banyak lagi kerja keras yang harus dilakukan terus menerus selama kita mempromosikan produk di internet.
  6. Menciptakan pasar sendiri. Ketika kita sudah menciptakan produk dan mempromosikannya lewat blog, pada kenyataanya kita juga akan berhadapan dengan kompetitor lain sehingga persaingan akan terjadi. Membuat produk yang tidak sama dengan produk orang lain, atau belum pernah dibuat orang lain ketika dipasarkan maka akan menciptakan pasar sendiri. Berbeda dengan membuat produk yang sudah banyak dibuat orang lain maka kita akan kewalahan untuk merebut pasar yang notabene sudah dikuasai para pemain lama. Membuat buku-buku panduan mengajar bahasa arab itu kompetitornya seikit, dengan sendirinya pasar akan tercipta.
Cerita  seseorang dalam Mendapat Jutaan Rupiah Dari Menjual Photokopian Melalui Blog Gratisan ini memberi banyak insfirasi buat saya untuk melakukan hal yang sama, tentu dengan produk yang berbeda. Strategi sederhana, kemauan untuk melakukan sesuatu (action), dan memanfaatkan media serta fasilitas yang ada di internet adalah strategi yang patut untuk ditiru.


No comments

Powered by Blogger.