Header Ads

Kalau Guru Membuat Blog, Biasanya Lebih Cepat Sukses

Kalau Guru Membuat Blog, Biasanya Lebih Cepat Sukses. Benar tidak pernyataan tersebut? Bisa benar, bisa tidak tergantung siapa dulu gurunya. Tapi, menurut saya seorang guru ketika ia membuat sebuah blog biasanya lebih cepat suksesnya, maksud saya blognya lebih cepat sukses. Kenapa? Karena guru itu mahluk yang setiap hari belajar, belajar mengerti siswa, belajar menganalisa siswa, mengkaji model pembelajaran, mencoba model pembelajaran baru, beradaptasi dengan siswa, guru, orang tua siswa dan lainnya. Semuanya ia pelajari setiapa hari. Loh apa hubungannya dengan dunia blogging? Begini....

Ketika orang membuat sebuah blog, biasanya semangatnya minta ampun, karena dipikirannya nanti dengan blognya bisa populer, bisa mendapatkan penghasilan de el el. Tapi setelah blog itu jadi, satu kali posting, dan beberapa minggu kemudian sudah lupa login (sudah malas maksudnya). Kenapa demikian? Karena kebanyakan mereka beralasan ga ada ide, gak tahu yang mau ditulis apa, ngeblog cuma ngabisin waktu dan seterusnya.

Alasan tadi sebenarnya yang saya alami saja, ketika itu saya membuat blog sekitar 2007 akhir, semangatnya minta ampun. Padahal bikin email saja baru bisa itupun dipandu temen saya, tapi saya ngeyel pengen punya blog dan lewat panduan temen juga akhirnya saya nekat bikin blog di wordpress jadilah blog cikal saya ini. Tapi setelah nulis beberapa kali saya sudah mulai kebingungan mau nulis apa, mau nulis tentang komputer baru belajar takutnya dibilang sok tahu, mau menuls gadget apa coba yang mau ditulis wong saya gak kenal gadget. Akhirnya terlunta-luntalah blog tersebut, sampai akhirnya saya ada kesempatan ngajar dan keingetan bahwa saya punya blog, dan kayaknya diotak saya banyak banget yang mau ditulis lantaran selalu ada saja ide untuk menulis, ya lantaran setiap hari melihat siswa tadi.

Nah, begitulah kenapa (menurut saya) kalau guru membuat blog biasanya lebih cepat sukses? Karena guru tidak akan kehabisa ide menulis, pasti setiap hari ada saja kejadian menarik yang bisa ditulisnya. 

Menulis yang menghasilkan.....
Ini juga berdasar pengalaman saya saja. Bahwa ketika rajin update blog dengan berbagai tulisan, pengunjung mulai banyak, trafik mulai bagus, tapi kok manfaatnya apa ya selain tulisan kita terindeks dan dibaca banyak orang? Manfaat bagi yang membaca pastinya ada informasi baru atau minimal refresh otak lah. Tapi bagi yang menulisnya apa coba? Tentu ujungya kita harus realistis bahwa ngeblog juga membutuhkan biaya, mulai dari beli laptop (walau ketika beli tujuanya bukan untuk ngeblog), listrik, koneksi internet, waktu, dan pegal-pegal lantaran kelamaan duduk nulis. Dan nggerutu ingin mendapatkan penghasilan dari blog adalah kenyataan yang bisa membuat galau.

Begitulah saya waktu itu, galau lantaran ngeblog kok cuma dapet cape doang. Maklum saya kan guru honorer yang mesti berpikir keras agar dapat penghasilan lain, salah satunya saya berharap dari aktivitas blogging ini.

Akhirnya mulailah saya banyak membaca dan mengikuti blog-blog internet marketing, tapi saya tidak pernah sekalipun membeli produknya. Saya cuma pingin tahu cara mereka bekerja saja, dan dari aitivitas itu saya mulai tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari blogging. Saya mulai menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dikemas dalam ebook kemudian saya tawarkan lewat blog saya. Saya juga mulai memberanikan diri untuk membuka jasa pembuatan website, toko online, blog. Disamping itu saya juga mencoba menjadi publisher ya itung-itung ngumpulin recehan. Dan alhamdulillah setelah sekian tahun saya ngeblog tanpa arah akhirnya sampai saat ini saya bisa mendapatkan penghasilan melalui aktivitas blogging ini.

Ini motivasi saja, toh alasan sebenarnya kenapa guru biasanya lebih cepat sukses karena:
  • Guru rata-rata mempunyai kemmapuan menulis yang bagus
  • Bisa mengembangkan kreatifitasnya
  • Bisa menangkap ide dari apa yang ia temukan dalam aktivitas mengajarnya
  • Guru rata-rata berpendidikan tinggi, ini salah satu keuntungan dibidang skill yang bisa dijadikan modal untuk membuat produk dan bisa dijual melalui blognya
  • Guru lebih cepat mengerti, dan ini menjadi kelebihan lainnya
  • Dan banyak lagi.....
 Artikel yang berikut mungkin bermanfaat :
Ebook panduan membuat media pembelajaran interaktif dengan powerpont
Ebook rahasi blogging untuk guru


No comments

Powered by Blogger.