Header Ads

Tips sederhana menulis di Blog yang powerfull

Tips sederhana menulis di Blog yang powerfull| Maaf, judul postingnya terlalu "lebay". Tapi saya ingin mengatakanya demikian, dan itu sangat menarik buat saya ketika mengatakan powerfull. 

Dalam perjalanan blog saya, banyak sekali saya menemui kegagalan menulis. Artinya, saya sering menulis tapi tulisanya tidak populer di mesin pencari, alias sepi pembaca, dan tentu akan berpengaruh pada trafik. Lagi-lagi trafik (mohon maaf buat rekan blogger independent yang tidak mempedulikan trafik). Tapi trafik pada saatnya akan menjadi ukuran dan menjadi angka berharga jika anda ingin mendapatkan penghasilan  blog anda atau ingin mendapatkan iklan sponsor. Sebab kemungkinan klik, dan kemauan sponsor untuk beriklan di blog anda pasti akan mempertimbangkan seberapa besar trafik blog anda. Paparan tadi hanya prolog saja sebelum saya memberikan tips sederhana menulis di Blog yang powerfull.

Tips sederhana menulis di Blog yang powerfull ini bukan tips hebat yang mungkin pernah anda dapatkan dari Ebook internet marketing yang pernah anda beli dari blogger-blogger profesional. Ini cuma trik sederhana, tapi jika anda jalankan secara benar hasilnya akan powerfull (lebay lagi).

Berikut tips sederhana menulis di Blog yang powerfull yang bisa anda coba:
  1. Ketahui kemampuan anda. Terutama skill dan knowledge anda tentang topik atau tema yang akan anda tulis. Skill dan konwledge yang baik akan memberikan "ruh" tulisan yang baik, dan pembaca tidak akan bisa dibohongi, mereka akan tahu apakah anda menulis sesuai skill atau menulis cuma meniru. Untuk itu konwledge diperlukan, sekalipun skill anda bukan dibidang yang akan anda tulis jika knowledge anda baik tentang topik atau tema yang akan anda tulis hasilnya akan lumayan meyakinkan pembaca.
  2. Jujur. Jujur adalah pilihan. Pada kenyataanya orang lebih suka sesuatu yang apa adanya, alias jujur. Maksudnya, jika anda hendak menulis tapi sebenarnya anda kurang menguasai skill tentang topik yang anda tulis sebaiknya jujur saja bahwa anda kurang memahaminya dengan memberikan petikan khusus yang mengatakan "tulisan ini hanya informasi dari referensi blog....." atau " tulisan ini rangkuman materi...dari beberapa blog yang saya jadikan referensi." Jangan lupa untuk menuliskan darimana referensi tulisan jika memang itu didapatkan dari blog atau sumber lainya. Ingat, kredibilitas blogging anda salah satunya akan diukur dari kejujuran menulis anda.
  3. Menguasai skill atau knowledge terhadap topik tulisan. Skill adalah bagian dari ke-profesionalan anda. Mempunyai skill tertentu dan anda akan menuliskanya lewat blog, itu akan menjadikan tulisan anda sangat enak dibaca dan berisi. Berbeda jika kita menulis sesuatu tapi kita tidak mempunyai skill disana, maka hasilnya akan samar-samar dan sangat tidak enak dibaca, dan kemungkinan besar pembaca tidak akan datang lagi ke blog kita. Tapi tidak menguasai skill tertentu bukan berarti tidak bisa menuliskanya, berlatihlah untuk terus menulis. Topik ini pernah saya posting juga, silahkan baca disini.
  4. Menulis sesuatu yang dibutuhkan orang banyak. Topik ini pernah saya posting pada posting terdahulu. Intinya anda harus tahu apakah tulisan yang anda buat itu dibutuhkan orang banyak atau tidak? Sebab tulisan yang dibutuhkan orang banyak itulah yang akan mendongkrak popularitas blog anda. Tapi tentuu anda harus bersaing dengan blogger lainya, sebab topik yang dibutuhkan orang banyak biasanya persaingannya juga tinggi, disinilah perlunya skill dan knowledge yang baik.
  5. Usahakan tulisan tidak terlalu panjang, ringan dan fokus. Ketika menulis kadang kita kehabisan ide atau malah ingin terus menulis. Untuk yang kedua ini kadang membuat tulisan kita terlalu panjang dan tidak fokus alias "ngalor-ngidul" (maaf, ini istilah dari bahasa jawa artinya kesana-kemari). Atau menulis dengan istilah-istilah yang tidak dipahami masyarakat umum. Ingat, kita sedang menulis di blog bukan di journal ilmiah, yang membacanya tentu orang dengan latar belakang bermacam-macam. Usahakan tidak lebih banyak dari 6 paragraf. Atau lebih dari  6 pragraf, asal tetap fokus.
  6. Mengetahui basic SEO.Nah, yang ini yang kadang lebih sering dipelajari blogger ketimbang urutan nomor 1 sampai 5 tadi. Kenapa? karena kebanyakan blogger (tidak semuanya sih) targetnya adalah trafik. Jadi buat anda yang punya skill dan knowledge saja tidak cukup hebat dan kemungkinan anda akan kalah bersaing di mesin pencari jika anda tidak mengerti -minimal- SEO dasar. Jadi pelajarilah tips dan trik SEO dasar tersebut. 
Sebenarnya masih banyak lagi tips yang tentu lebih powerfull dari Tips sederhana menulis di Blog yang powerfull yang pointnya ada 6 tersebut. Pengalaman akan membawa anda menjadi semakin banyak tahu....jadi, teruslah menulis, konsisten, dan perbanyak belajar, sukses di blogger tidak instant tapi step by step . Dan sebelumnya anda juga harus menetapkan dulu apa tujuan blogging anda? Selamat mencoba!


No comments

Powered by Blogger.