Header Ads

Dua hal yang mendatangkan trafik bagus ke blog anda

Jika anda blogger profesional, pasti akrab dengan SEO. Bermacam teknik dan trik untuk mengoptimasi web disebut dengan SEO. Tapi blogger sering mempersempit fungsi dari SEO hanya pada teknik dan trik mendongkrak popularitas web atau blog, kaitanya dengan jumlah pengunjung. Dan trafik sering dijadikan ukuran keberhasilan SEO. Keberhasilan SEO sering dikaitkan dengan keberhasilan pendapatan / earning blog.

Ada banyak teknik dan trik untuk mendongkrak popularitas dan trafik sebuah blog. Sampai-sampai saya pernah menemukan buku yang tebalnya lebih dari 1 rim kertas dengan judul SEO, yang didalamnya berisi macam-macam teknik dan trik tadi.

Tapi apakah benar teknik dan trik bisa mendongkrak trafik? Untuk mendongkrak blog atau website ke urutan pertama di mesin pencari mungkin bisa, tapi kalau untuk mendongkrak trafik saya tidak yakin. Boleh saja blog atau website ada diurutan pertama mesin pencari dengan kata kunci tertentu, tapi jika tidak ada konten yang dibutuhkan mereka saya yakin pengunjung akan "lari" ke blog lain.

Setidaknya ada dua hal yang bisa mendatangkan trafik bagus ke blog. Yang pertama adalah tulisan yang bermanfaat bagi orang lain. Dan yang kedua si penulis (blogger) tahu sasaran dari konten yang ditulisnya.

Tulisan yang bermanfaat adalah tulisan yang sedang dibutuhkan oleh pengunjung. Tulisan tersebut harus benar (valid) dan menarik. Topiknya tentu haru sesuai. Misalnya saja saya membuat blog dengan tema soal ulangan sekolah dan isi dari blog tersebut soal-soal ualangan, tentu tulisan dari blog tersebut akan sangat bermanfaat bagi orang lain (guru, siswa, dan orang tua siswa).

Tahu sasaran. Maksudnya, ketika hendak membuat blog atau menulis untuk posting di blog anda, apakah anda tahu untuk siapa blog tersebut ditujukan? Untuk siapa tulisan tersebut dibuat? Pada blog soal ulangan sekolah yang saya buat, saya menetapkan sasaranya yaitu guru. Dan benar saja yang mengunjugi blog saya hampir 90 % adalah guru. 

Dengan mengetahui kebermanfaatan blog atau tulisan kita, dan sedari awal sudah tahu sasaran dari konten blog kita saya yakin trafik dengan sendirinya akan meningkat terus dan terus. Itulah yang saya praktikan untuk blog soalulangansekolah.blogspot.com yang saat ini trafiknya sudah melebihi digit 5. Padahal usia blog tersebut baru beberapa bulan.....



No comments

Powered by Blogger.