Header Ads

Bagaimana cara mendapat penghasilan dari Blog?

Bagaimana cara mendapat penghasilan dari Blog? Pertanyaan seperti ini kerap dilontarkan blogger pemula, atau orang yang baru ingin membuat blog, biasanya terobsesi oleh kisah sukses blogger lain yang ia dapatkan dari artikel di internet, koran atau workshop.

Tidak dipungkiri, banyak orang ingin mebuat blog lantaran obsesi tersebut, termasuk (dulu) saya sendiri. Dan sah-sah saja mempunyai obsesi demikian, sebab kisah sukses blogger harus dimulai dari obsesi baru kemudian action. Toh obsesi bagian dari kreatifitas manusia. Untuk mendapatkan penghasilan dari blog tidaklah instant hanya dengan membeli produk tertentu yang bisa kita temukan iklan hebohnya di internet. Pada posting sebelumnya saya menulis tentang dua hal yang bisa mendatangkan uang ke blog, itu garis besarnya saja, sedangkan detailnya perlu kerja keras extra dan keberuntungan tinggi.

Untuk mendapatkan penghasilan lewat blog, syarat pertama ya harus punya blog, kedua harus konsisten menulis atau membuat kontent, ketiga punya trafik bagus, keempat promosi dan promosi. Atau singkatnya domain-produk-promo. Domain minimal yang gratisan seperti ngekor ke blogspot atau wordpress. Produk minimal mempunyai tulisan yang bermanfaat dan banyak dicari. Promo, minimal sering tukar backlink, ngtweet, suit-suit di facebook, dan nongkrong di blog orang lain yang populer.

 Karena tidak instant, maka harus dijalani step by step, baca tulisan saya tentang step by step sebelum meraih sukses dari blog. Ada beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan lewat blog setelah anda mempunyai blog, kontent dan trafik bagus:

1. Menjual produk sendiri. 
Jika tujuan utama ngeblog anda adalah fokus untuk mendapatkan penghasilan dari blog, maka mempunyai produk sendiri atalah hal paling memberi banyak kesempatan untuk meraih penghasilan lebih cepat dan besar. Produk apa saja yang bisa dijual? Bisa produk fisik, atau produk non fisik dan jasa. Produk fisik seperi barang-barang yang bisa digunakan orang banyak (pakaian, gadget, makanan, dan lainya). Produk non fisik, produk yang banyak dicari dan dibutuhkan orang lain tapi tidak dalam bentuk fisik (seperti Ebook tutorial, software, games, dll). Jasa, merupakan produk sejenis non fisik tapi ada interaksi proses (misalnya jasa pembuatan website, jasa pembuatan aflikasi, jasa pembuatan e-learning, dll). Untuk menjual produk sendiri, tentunya kita mestimemiliki modal yang cukup, minimal skill yang bagus.

2. Ikut afiliasi.
Afiliasi merupakan cara yang sering digunakan oleh blogger yang ingn mendapatkan penghasilan tanpa mesti mengeluarkan modal besar untuk membuat produk sendiri. Ada banyak sekali program afiliasi yang bisa kita ikuti dan mudah kita temukan di mesin pencari. Kita bisa mendapatkan persentasi penghasilan dari hasil penjualan produk orang lain.

3. Ikut lomba atau kontes.
Setiap hari banyak sekali informasi mengenai lomba blog, baik yang diadakan oleh perusahaan (biasanya kontes SEO), lembaga pendidikan, atau komunitas. Jika anda beruntung, dan blog anda juara, anda akan banyak mendapatkan penghasilan disana.

Diantara ketiga cara tersebut, saya cenderung menyarankan untuk memilih urutan pertama. Artinya anda lebih baik menjual sendiri, ketimbang ikut afiliasi atau ikut kontes.


No comments

Powered by Blogger.