Header Ads

Menjadi Guru profesional...

Belakangan saya sering sekali melihat tulisan mengenai guru. Pertama tentang sertifikasi guru, entah karena sangt pentingnya sertifikasi guru sampai dibuatkan situs khusus utntuk update semua hal yang berhubungan dengan sertifikasi guru. Yang kedua soal uji kompetensi guru online, ini juga ada situsnya tersendiri. Sertifikasi dan uji kompetensi guru menjadi program yang "dianggap" langkah awal untuk peningkatan kompetensi guru menuju guru yang profesional.

Dalam pikiran saya selalu bertanya apa bisa dengan sertifikasi guru dan uji kompetensi guru online, kualitas guru akan meningkat dan lekas menjadi guru profesional?

Menjadi porfesional itu tidak mudah...perlu kerja keras dan keinginan yang kuat untuk menjadi profesional dari si gurunya sendiri....lalu, Guru profesional itu seperti apa sih?

Apakah ukuranya, tertib administrasi? Apakah ukuranya kreatif dan mampu mengajar dengan benar? lalu, mengajar dengan benar itu seperti apa? Asal siswa bisa dan paham materi yang diajarkan bukankah itu sudah lebih dari cukup.....soal kreatifitas dan tertib administrasi mengajar itu tugas yang semua guru bisa lakukan hanya saja waktu yang kadang dianggap tidak cukup membuat guru malas mengerjakannya...

Ah, guru profesional itu sebenarnya tidak ada....yang ada guru yang baik, guru yang mengajarnya benar, guru yang rajin bikin administrasi, guru yang disukai siswa..dst. Kalau gur profesional.....?????

No comments

Powered by Blogger.