Header Ads

Tips memilih tema Blog yang sesuai

Tips memilih tema Blog yang sesuai| Membuat blog itu mudah, tidak memerlukan berjam-jam lamanya. Cukup punya akun email, dan berani mencoba "ngoprek" platform blog gratisan yang bisa kita dapatkan secara cuma-cuma dari blogspot atau wordpress. Selanjutnya kemauan untuk mengisi konten, kemauan untuk belajar dan mencari tahu tentang sesuatu yang berhubugan dengan blog, dan yang terakhir adalah konsisten.

Sebelum memutuskan untuk membuat sebuah blog, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu tujuan blogging anda, kemudian tentukan tema yang sesuai. Maksudnya ketahui, untuk apa anda ngeblog? Kemudian apa sih yang anda ingin tuangkan dalam blog anda nantinya? Siapa sasaran pembaca blog anda? Setelah anda mengetahui tujuan, jenis konten, dan yakin dengan target pemirsa blog anda barulah kita tentukan tema yang sesuai...

Memilih tema blog gampang-gampang susah. Gampangnya anda tinggal menuliskannya saja di title dan description blog anda. Susahnya apakah tema tersebut nantinya sesuai dengan konten dan pemirsa blog anda? Maka tiak heran kalau blogger profesional sangat berhati-hati dalam menentukan tema blognya, bahkan ada yang melakukan riset terlebih dahulu.

Untuk memilih tema blog yang sesuai sebaiknya perhatikan hal-hal berikut:
  1. Kemampuan skill anda yang nantinya akan anda tuangkan menjadi kontent blog. Misalnya saja anda seorang pengajar, maka sesungguhnya skill utama anda adalah semua hal yang berhubungan dengan kegiatan mengajar.
  2. Pilih tema yang bisa anda kerjakan setiap hari, tidak memberatkan anda ketika hendak menulis atau membuat postingan setiap harinya. Menyambung point yang pertama, jika skill anda adalah pengajar, maka pilihlah tema yang sesuai dengan kemampuan skill anda tersebut, misalnya saja tentang RPP, soal-soal, mata pelajaran yang anda ajarkan, problem solving mengajar, dan lainya. Dengan tema yang disesuaikan dengan skill anda maka anda tidak akan kehabisan ide untuk konten blog anda.
  3. Sesuai dengan tujuan dan target pemirsa. Artinya jika target pembaca blog anda adalah pelajar (siswa), guru, dan orang tua siswa, maka pilihlah tema yang kira-kira dibutuhkan oleh ketiga target pembaca blog anda tersebut.
Seperti itulah bagaimana memilih tema blog yang sesuai. Untuk itu diperlukan sedikit kepekaan terhadap tema yang akan anda tentukan, sedikit riset kecil-kecilan akan membantu anda dalam menemukan pilihan tema yang sesuai untuk blog anda. Semoga!

No comments

Powered by Blogger.