Header Ads

Kebersihan itu bukan sekedar bagian dari iman, tapi penting.

Saya mengajar di sekolah islam, dan tiap hari saya mendengar hafalan-hafalan hadist. Semua hadist yang dihafalkan siswa-siswa kami semuanya berwasiat tentang kebaikan. Dan satu hadis yang sinkron dengan tulisan ini adalah, bahwa kebersihan bagian daripada iman. Saya tidak akan membahas terlalu jauh mengenai hadist tersebut, karena saya bukan ahli hadist, kalaupun saya mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hadist tersebut tetap saja saya tidak valid untuk membahasnya karena tidak mempunyai latar akademis mengenai hal tersebut. Saya cuma ingin mengatakan bahwa, kebersihan itu bukan sekedar bagian dari iman tapi penting. Maksudnya?


Kronologisnya tadi pagi. Pada hari jum'at, saya sengaja membuat notes untuk maintenance lab komputer sekolah. Notes tersebut sengaja saya tempel didekat pintu masuk agar bisa langsung terlihat oleh saya dan langsung mengingatkan saya pula tentang pekerjaan hari ini, maintenance lab. Seperti biasa, senjata saya adalah kuas, obeng, tang dan kemoceng. Kuas akan saya gunakan untuk membersihkan jelaga yang menempel diperangkat keras komputer. Obeng, untuk membuka baut. Tang, akan saya gunakan bila diperlukan misalnya saja memotong kabel. Sedangkan kemoceng, akan saya gunakan untuk membersihkan jelaga dibagian luar perangkat komputer.

Dan sayapun memberishkan satu persatu perangkat komputer, dibantu dua siswa saya. Dan setelah dibersihkan performa komputer jadi lebih baik lagi. Dari fakta tadi, saya beranggapan bahwa kebersihan itu penting. Tidak hanya untuk kesehatan manusia, tapi perangkat-perangkat lainya. Sayangnya, untuk melakukan pekerjaan membersihkan sesuatu itu tidaklah mudah, selalu saja ada alasan untuk tidak melakukanya. Walaupun kita sering menuliskanya dalam motto kelas, hafalan hadis, dan menyediakan alat kebersihan disana-sini faktanya kita sering melalaikanya.

No comments

Powered by Blogger.