Menjadi Kaki Lima di Pasar Internet
Internet adalah pasar, ada kesibukan transaksi disana, baik transaksi data, atau transaksi finansial. Transaksi finansial yang terjadi karena adanya jual beli memungkinkan siapa saja membuat "lapak" dan strategi pasar disana. Ada yang membuat toko online, blog store, dan seterusnya. Diantara itu banyak pula yang memposisikan diri sebagai "kacung" alias orang yang tidak mempunyai toko melainkan pekerjaanya mempertemukan pembeli dengan penjual, ketika ada transaksi dia mendapat komisi. Kacung-kacung ini biasanya referer, dan penayang iklan.
Nah diluar itu ada yang menjual tetapi masih kecil-kecilan, produk yang dijualnya pun kecil-kecilan dan kadang jualanya nemplok di komentar blog orang yang trafiknya bagus, nemplok di iklan baris gratis, di facebook, twitter dan media gratisan lainya. Orang yang berjualan seperti ini saya sebut kaki lima di pasar internet.
No comments