Header Ads

UKG 2013 Guru TIK Disuruh Memilih Mapel Lain Yang Ia Kuasai Mengajarnya

UKG 2013 Guru TIK Disuruh Memilih Mapel Lain Yang Ia Kuasai Mengajarnya
Beberapa hari yang lalu saya sempat buka-buka blognya operator pengelola sertifikasi guru Kab.Bogor, dan saya mendapati informasi mengenai UKG dan sertifikasi guru 2013. Informasi tersebut antara lain mengenai jadwal UKG yang diundur. Dan yang paling menarik buat saya tentu mengenai informasi tentang peserta UKG mata pelajaran TIK disarankan untuk di rubah mata pelajarannya disesuaikan dengan IJASAH TERAKHIR  atau yang dikuasai mengajarnya.



Melihat informasi tersebut rasanya ada yang "lucu". Lucu yang saya maksud adalah bagaimana seorang guru TIK diberi opsi untuk memilih mata pelajaran disesuaikan dengan ijazah terakhir, atau mata pelajaran yang ia kuasai mengajarnya. Saya yakin guru TIK akan "ketawa dan bingung" jika diberi opsi seperti itu, walau pada akhirnya a mesti memilih satu opsi agar ia bisa mengikuti UKG.

Bagi guru tik yang berlatar belakang pendidikan non TIK tentu tidak terlalu mempermasalahkan, dan ini malah jalan menuju insyafnya dimana ia kembali ke habitat mengajar yang seharusnya (sesuai dengan latar belakang pendidikan profesionalnya). Tapi, bagi guru tik dengan latar belakang sesuai pendidikanya (sarjana pendidikan TIK atau S.Kom) opsi-opsi tadi malah menjerumuskanya ke jalan sesat (memilih mapel tidak sesuai dengan latar pendidikan profesionalnya).

Kurikulum 2013, belum ada kepastian fungsi guru TIK
Memang sampai saat ini belum ada informasi jelas tentang fungsi selanjutnya untuk guru TIK di tahun ajaran 2013/2014 nanti sehubungan dengan akan digunakanya kurikulum 2013. Belum adanya informasi yang jelas tersebut membuat guru tik berada dalam ketidakpastian, meneruskan mengajar sesuai bidang studi (yang jelas-jelas mapel TIK nya dihilangkan) atau mengajar bidang studi lain?







No comments

Powered by Blogger.